Meat Pie | Shutterstock

9 Resep Makanan Tertua Yang Melewati Berbagai Peradaban

author
Isna Triyono
Senin, 12 November 2018 | 00:10 WIB

 

Sudah lebih satu abad sejak makanan-makanan ini ditemukan. Uniknya, makanan ini masih terus dibuat dan tetap sesuai selera dengan orang-orang yang hidup di masa kini, meski ada beberapa modifikasi. Ini dia 9 resep makanan tertua yang masih bertahan.

1. Pai Daging (sejak 1700 SM)

Siapa sangka, usia pai daging sudah lebih dari 3 abad. Resep pai daging tercatat dalam tiga buah prasasti yang ditulis tahun 1700 Sebelum Masehi peninggalan masa peradaban Mesopotamia kuno.
 
Seorang chef asal Prancis, Jean Bottero, kemudian menerjemahkannya dan hasilnya adalah cerita tentang resep pembuatan pie berisi daging unggas.

Sampai saat ini, pie daging telah mengalami berbagai modifikasi dan masih tetap jadi makanan kesukaan anak-anak millenial.

 

2. Stew (sejak sekitar 6000 SM)

Stew | Shutterstock

Stew adalah cara memasak campuran berbagai bahan dalam sedikit cairan dengan api kecil dan waktu lama. Teknik ini sudah dilakukan suku Amazon sejak 7000 Sebelum Masehi.

Awalnya suku Amazon memasak stew dengan campuran sayuran, daging unggas dan bahan lainnya yang mudah ditemukan. Kemudian di abad ke-16, suku Aztec juga mempraktikkan memasak stew dengan daging ditambah cabai yang disebut tlacatlaolli.

Bangsa Eropa juga memasak stew dengan kuah lebih kental dan campuran sayuran, biji-bijian, dan ikan sejak zaman Neolitik. Ketika itu, stew disebut makanan orang miskin karena mencampur bahan-bahan seadanya.

 

3. Linzer Torte (sejak 1653)

Linzer torte layak mendapat sebutan kue tertua di dunia. Pasalnya, kue tart dengan isian selai dan dilapisi adonan pastry di permukaannya ini sudah ada sejak tahun 1653.

Catatan soal ini tertera di sebuah manuskrip Veronese yang ditemukan di Austria pada tahun 2005. Kue tertua ini pun sudah mengalami banyak perubahan mengikuti perkembangan zaman.

 

4. Isicia Omentata (sekitar abad ke-4)

Kamu pasti sangat kenal dengan hamburger, kan? Nah, isicia omentata disebut-sebut sebagai cikal bakal patty, daging isian di tengah hamburger.

Di tengah spekulasi asal patty burger, sejarawan meyakini bahwa patty awalnya adalah isicia omentata, resep memasak daging pada zaman Romawi Kuno dari sekitar awal abad ke-4 Masehi.

 

5. Pancake (sekitar 3300 SM)

Sering sarapan dengan menu pancake? Percaya enggak, orang di zaman Yunani kuno juga sarapan dengan menu yang sama?

Mereka membuat pancake dari tepung terigu dan minyak zaitun yang dimasak di atas tanah liat dengan api terbuka dan disajikan dengan susu atau madu. Mereka dulu menyebutnya tagenias atau teganit.
 
Catatan soal resep pancake ini juga dicatat oleh seorang filsuf abad ke-3, Athenaeus dalam bukunya Deipnosophistae. Di situ ditulis tentang makanan dari tepung dihiasi wijen, keju atau madu.

Bangsa Romawi Kuno juga mengenal resep ini dengan sebutan alia dulcia, namun nama pancake baru digunakan sekitar abad ke-15.

 

6. Cheesecake (sekitar 2000 SM)

Cheesecake lahir dari ide orang Yunani Kuno yang membuat resep campuran dari madu, tepung dan keju lunak. Kue ini sering disajikan saat pesta pernikahan dan perayaan besar lainnya.
 
Bukti soal cheesecake sudah dibuat sejak tahun 2000 Sebelum Masehi diketahui dari penemuan pecahan-pecahan cetakan keju yang rusak. Beberapa sejarawan percaya bahwa cheesecake pertama dibuat di Samos, sebuah pulau Yunani yang telah dihuni secara terus-menerus selama lebih dari 5.000 tahun.
 
Resep cheesecake pertama ini kemudian diadopsi oleh orang Romawi dan dimodifikasi dengan menambah telur dan diberi lemon atau kulit jeruk.

 

7. Kari (sejak abad 18)

Makanan beraroma tajam dan khas ini pertama kali dihidangkan pada abad ke-18 untuk pejabat pemerintahan kolonial Inggris di India. Kari kemudian dibawa ke Inggris sekitar 200 tahun lalu dan langsung jadi makanan terkenal di sana dan di seluruh dunia.
 
Namun persiapan memasak kari ditemukan di peradaban Lembah Indus, lebih dari 4000 tahun lalu, tempat orang menggunakan batu lesung dan alu untuk menghaluskan rempah-rempah.

Hal ini diperkuat dengan penemuan tembikar kuno dengan jejak kunyit dan jahe dari tahun 2600-2200 SM.

 

8. Kebab (sejak abad 17 SM)

Orang Yunani Kuno adalah bangsa yang pertama kali memakan kebab sejak abad ke-17 SM. Resep kebab kemudian diadopsi oleh bangsa Cina yang menyebutnya chuan, dengan menambahkan beberapa bumbu yang sesuai selera mereka.

 

9. Tamale (sejak 1000-200 SM)

Tamale menjadi hidangan yang popular pada periode Mesoamerika. Catatan soal tamale terdapat pada hieroglif peradaban Kuno Maya pada tahun 1000-200 SM.

Tamale pada zaman dahulu berupa adonan roti yang diisi dengan buah, daging atau sayuran kemudian dibungkus dengan pelepah jagung.

Makanan ini sering digunakan sebagai bekal bagi pengembara. Dan sampai saat ini, tamale menjadi makanan popular di Meksiko, Argentina, dan Filipina.

 

Yuk, cobain makanan-makanan yang usianya sudah lebih seabad ini!

Tags