Trik Menggoreng | Shutterstock

Trik Menggoreng Ala Deep Fry Agar Crunchy Maksimal

author
Marti
Senin, 12 November 2018 | 00:12 WIB

 

Deep frying alias menggoreng dalam minyak banyak bisa bikin banyak makanan lezat yang crunchy. Ini dia trik menggoreng ala deep fry supaya crunchy maksimal.Tidak ada lagi gorengan berminyak dan cepat melempem.

Potong Makanan Dalam Bentuk Seragam

Apa pun makanan yang digoreng dengan metode deep fry, pastikan ukuran potongannya sama. Ini akan membuat makanan makanan matang merata dalam waktu yang berbarengan. Potongan yang lebih besar butuh waktu lama saat digoreng.

Potongan Yang Seragam | SHUTTERSTOCK


Perhatikan Suhu Minyak

Ukur suhu minyak sebelum mulai menggoreng. Suhu ideal adalah 175-190° Celsius. Atau bisa juga tes dengan potongan roti kotak kecil. Kalau menyokelat dalam 60 detik, berarti minyak siap untuk menggoreng.

Masukkan Bertahap

Jangan langsung masukkan banyak potongan ke dalam minyak. Masukkan satu demi satu menggunakan capitan. Tahan sebentar di permukaan minyak sebelum dilepas.  Ini untuk mencegah makanan saling menempel, dan juga mengunci kulit luar agar hasilnya garing sempurna.

Jangan Menggoreng Terlalu banyak

Terlalu banyak bahan yang digoreng akan menurunkan suhu minyak. Ini akan membuat minyak menyerap lebih banyak ke dalam makanan. Hasil akhirnya, gorengan pun akan berminyak. Alih-alih garing, gorengan akan cepat melempem.

Trik Menggoreng ala Deep Fry | SHUTTERSTOCK

 

Hindari Air

Air dan minyak bisa menciptakan letusan di dalam deep fryer. Tiriskan baik-baik makanan sebelum digoreng di atas tisu dapur untuk mengurangi kadar airnya.

 

Jangan Menabur Garam

Banyak yang menabur garam di makanan saat digoreng ala deep fry. Padahal ni bisa membuat minyak menciprat dan menurunkan titik didihnya sehingga mudah gosong. Taburkan garam sesaat sesudah makanan diangkat dari minyak.

Yuk, langsung coba di dapur!