Pai Ayam | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Pai Ayam

author
Semy
Minggu, 18 November 2018 | 12:57 WIB

 

#Cookiners coba ingat-ingat sehabis kumpul keluarga, makanan apakah yang dilempar ke dalam freezer. Ada semur atau ayam bakar? Ayo, keluarkan sekarang. Bila ditunda, pasti berikutnya jadi penghuni tempat sampah. Nah, ayam bakar atau semur bisa kita jadikan isi pai yang lezat. Dapat satu lagi suguhan untuk tamu yang baru sempat datang. Atau bahkan untuk antaran ke tetangga yang kemarin-kemarin mengirimi Cookiners rendang atau opor.

 

Resep Pai Ayam

Untuk 12 buah

 

KULIT:

200 g tepung terigu protein sedang

100 g mentega tawar, bekukan, potong-potong

½ sendok teh garam

50 gram keju cheddar parut halus

1 butir telur

1-2 sendok makan air es

 

ISI:

2 potong ayam bakar, suwir

½ buah bawang bombay, cincang halus

1 sendok teh saus tomat

¼ sendok teh garam

 

TOPPING:

1kuning telur ayam, kocok lepas

30 gram keju cheddar parut .

 

CARA MEMBUAT:

1. Kulit, campur tepung terigu, mentega, dan garam, aduk rata dengan ujung jari hingga berbutir kasar. Tambahkan telur dan air es, aduk rata. Simpan di dalam lemari es 30 menit. Keluarkan, gilas hingga tebal kurang dr ½ cm. Cetak di dalam loyang muffin kecil yng dioles margarin.. Lakukan hingga adonan habis, sisihkan.

2. Tusuk-tusuk kulit pai lalu oven dengan api bawah 180 derajat Celsius 12 menit hingga setengah matang.

3. Isi, tumis bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan ayam, aduk rata. Masukkan saus tomat dan garam. Aduk hingga meresap. Blender halus. Masukkan ke dalam mangkuk pai.

4. Tutup dengan kulit pai. Oleskan kuning telur di atas permukaan kue. Taburkan keju. O kembali 15 menit hingga matang. .

 

Yuk, mulai memasak. Share hasil masakan mu di Instagram / FB. Jangan lupa tag / mention @CookinID dan pakai tagar #CookinID

Tags