Donat | SHUTTERSTOCK

Siapa Penemu Lubang Pada Donat?

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 29 November 2018 | 09:41 WIB

 

Meskipun samar, donat punya sejarah sendiri. Ada yang bilang namanya berasal dari kacang yang ditaruh di bagian tengah adonan yang sulit matang. Siapa penemu lubang donat? Simak sejarah singkatnya dalam artikel berikut.

 

1. Asal mula donat tidak diketahui. Sepanjang sejarah peradaban manusia, donat dibuat di berbagai wilayah dan negara dengan versinya masing-masing. Bahkan kue sejenis donat juga disebut-sebut di dalam kitab suci Bible.

 

2. Asal mula nama ‘doughnut,’ disebut juga ‘donut,’ juga tidak diketahui secara pasti. Ada yang mengatakan nama itu diambil dari kacang yang ditaruh di dalam lingkaran adonan yang tidak matang.

 

3. Para ahli sejarah meyakini bahwa donat modern pertama kali dibawa ke Amerika Utara oleh orang Belanda dalam bentuk ‘oil cakes’ pada awal pertengahan abad ke-19.

 

4. Awalnya, donat adalah kue bulat yang dimasak di atas lemak babi. Namun, karena bagian tengah donat tidak matang, orang mengisinya dengan buah atau kacang.

 

5. Hansen Gregory, seorang kapten kapal berkebangsaan Amerika, adalah orang yang dianggap sebagai penemu lubang donat pada tahun 1847. Lubang itu dibuat Hansen ketika ia harus mengemudikan kapal di bawah terpaan badai.

HANSEN GREGORY | CAMDEN PUBLIC LIBRARY

 

6. Agar tetap bisa mengendalikan laju kapal dengan dua tangan sambil menikmati donat, ia pun melubangi bagian tengahnya.

 

7. Kata ‘donut’ pertama kali dipakai tahun 1900 oleh George W. Peck dalam bukunya yang berjudul ‘Peck’s Bad Boy and His Pa.’

 

8. Adolph Levitt, seorang imigran Rusia, adalah orang yang pertama kali menemukan mesin pembuat donat pada tahun 1920. Dia menamakannya “Mesin Pembuat Donat Otomatis Paling Keren.”

Mesin Pembuat Donat Pertama | MARTIN MUNKACSI

 

9. Saking populernya donat di Amerika, setiap tahun diproduksi 10 juta donat. Pada tahun 2016 tercatat ada 10 warga AS yang memiliki nama belakang ‘Doughnut’ atau ‘Donut’, 95 orang bernama belakang ‘Longjohn’ (nama untuk donut panjang), 498 orang bernama belakang ‘Sprinkles,’ dan 1634 orang bernama bernama belakang ‘Sugar.’

Longjohn Si Donat Panjang | SHUTTERSTOCK

 

10. Beberapa jenis donat diberi nama unik sesuai kandungannya, seperti Wasabi Cheese, Champagne, Poi (sejenis donat di Hawaii), Southern Spice (terbuat dari rempah khas Amerika bagian selatan, cabe hijau, dan thyme), Rosemary Olive Oil, Bubble Gum, Chicken & Waffle, dan Psycho Psushi.

 

Unik, kan, cerita sejarah donat?