Serbet Dapur | SHUTTERSTOCK

Rutin Ganti 5 Benda Ini Jika Ingin Dapurmu Bebas Kuman

author
Ratih Sukma Pertiwi
Minggu, 2 Desember 2018 | 19:15 WIB

 

Dapur adalah tempat dibuatnya makanan lezat dan sehat. Tapi tahukah kamu ternyata dapur juga tempat kuman paling banyak bersarang? Yuk, rutin ganti 5 benda ini jika ingin dapurmu bebas kuman.

 

1. Serbet

Tumpahan makanan atau cipratan minyak biasanya dilap dengan serbet dapur. Sebaiknya ganti 1-2 hari sekali supaya dapur tidak bau. Saat digunakan, serbet pun bisa membersihkan dengan maksimal.

 

2. Spons Cuci Piring

Spons cuci piring yang selalu lembap dan memiliki banyak rongga sehingga menjadi tempat favorit kuman bersarang. Ganti spons setiap dua minggu, meski masih kelihatan bagus.

Spons Pencuci Piring | SHUTTERSTOCK

 

3. Keset

Keset dapur biasanya cepat kotor dan lembap sehingga jamur gampang tumbuh dan bau tak sedap datang. Ganti keset seminggu sekali. Dan saat menyapu dan mengepel jangan lupa angkat keset dapur agar kotoran bisa ikut terangkut.

 

4. Kantong Sampah

Ini wajib dilakukan kalau tidak mau dapurmu bau dan memancing kecoa, semut bahkan tikus bersarang. Ganti kantong sampah setiap hari dan cuci tong sampah 2 kali seminggu.

Plastik Tempat Sampah | SHUTTERSTOCK

 

5. Gorden

Paling tidak sebulan sekali kamu harus mengganti gorden dapur. Bahan gorden yang kotor bisa menyimpan debu dan berbau apek. Lebih baik pakai gorden non kain sehingga mudah dibersihkan. Pilih yang berbahan tipis agar cahaya matahari leluasa masuk.

 

Dapur bebas kuman, memasak lebih nyaman!