Irisan ayam superlembut jadi ciri khas nasi ayam Hainan. | SHUTTERSTOCK

Asli China, Kenapa Hainan Chicken Rice Jadi Makanan Nasional Singapura?

author
Marti
Rabu, 30 Oktober 2019 | 16:59 WIB

 

Meskipun bukan berasal dari Singapura, nasi ayam Hainan jadi salah satu makanan nasional negara singa itu, bahkan sampai diakui dunia internasional. Kok bisa?

 

Para imigran pulau Hainan yang datang ke Singapura (saat itu masih sebagai koloni Inggris) mulai menjual Hainan Chicken Rice di tahun 1930-an. Salah satu yang paling terkenal adalah Moh Lee Twee, pemilik kedai Swee Kee Chicken Rice. Ayamnya dimasak terpisah dalam batang bambu dan nasinya dibentuk jadi bulatan.

 

Klik di sini untuk tahu sejarah imigran dari pulai Hainan di China membawa Hainan Chicken Rice ke Asia Tenggara.

 

Saking legendarisnya, dari sejak awal dijual sampai hari ini, Hainan chicken rice selalu jadi favorit warga Singapura. Dari penjaja kaki lima, kedai food court sampai restoran pasti menjual nasi Hainan. Bakal susah menentukan mana Hainan chicken rice terenak karena rata-rata rasanya enak. Kalau kamu ke Singapura, jarang menemukan Hainan Chicken Rice yang nggak enak. Betul, kan?

 

Ini dia kedai nasi ayam Hainan yang didaulat sangat enak oleh Gordon Ramsay dan Anthony Bourdoin. | SETHLUI.COM

 

Nasi ayam Hainan ini pun masuk jadi makanan nasional Singapura. Tahun 2018, Hainan Chicken Rice ala Singapura ini bahkan masuk ke daftar 50 Makanan Terbaik Di Dunia oleh CNN. Chef Gordon Ramsay dan Anthony Bourdoin (alm) pernah menyatakan bahka Tian Tian Chicken Rice di Maxwell Food Centre adalah nasi Hainan terenak di Singapura.

 

Metode Wen Chang dan Kanton

Ayam dimasak dengan metode poaching yaitu dimasak dalam air dengan suhu relatif rendah (70-80 derajat Celsius). Selesai dimasak, ayam langsung dimasukkan ke dalam air es. Inilah yang akan menciptakan lapisan menyerupai gel (bukan lemak) di bawah kulit ayam. Sesudahnya, ayam pun digantung hingga kering.

 

Ini rupa ayam Hainan saat digantung dan ditiriskan. | SHUTTERSTOCK

 

Hainan Chicken Rice ala Singapura memadukan metode asli ayam Wen Chang dari Hainan dan juga metode dari Kanton yaitu ayam yang kemudian dipotong-potong dalam irisan kecil saat akan disajikan.

 

Tampilan ayam Hainan dari dekat, di bawah kulit ada lapisan serupa jeli yang lezat. | SHUTTERSTOCK

 

Nasi Berminyak Tapi Tak Berlemak

Tapi kunci Hainan Chicken Rice di luar versi pulau Hainan, termasuk yang di Singapura, sesungguhnya ada pada nasinya. Dimasak dari air hasil rebusan ayam yang dicampur dengan tumisan jahe, bawang putih, garam dan daun pandan, nasi jadi penuh cita rasa, berminyak tapi tidak berlemak.

 

Chef di berbagai kedai atau resto punya racikan bumbu masing-masing untuk menciptakan nasi Hainan yang enak. Targetnya, chicken rice ini harus enak disantap sendiri, tanpa ayamnya.

 

Terlihat sederhana, nasi Hainan ini penuh cita rasa. | SHUTTERSTOCK

 

Untuk saus ayam, masih digunakan air rebusan ayam yang dicampur dengan kecap asin dan taburan daun bawang. Sementara untuk kuah ayamnya sendiri dibuat dari kaldu ayam yang direbus bersama jahe, bawang putih, merica, garam dan potongan labu siam.

 

Ingin mencoba bikin nasi ayam Hainan sendiri di rumah? Bisa banget! Simak 2 video di bawah ini.