Mana brownies yang terbaik? Semuanya tergantung selera. | SHUTTERSTOCK

Brownies yang Cakey, Fudgy, dan Chewy, Apa Saja Cirinya?

author
Marti
Rabu, 5 Februari 2020 | 16:48 WIB

 

Pengin jago bikin brownies yang sesuai dengan selera orang-orang tersayang? Kenali dulu jenis-jenis brownies dan ciri-cirinya.

 

Hampir semua orang suka brownies. Tapi tidak semua orang suka jenis brownies yang sama. Brownies punya tiga tipe dasar yang dibedakan dari tekstur dan rasanya. Ada cakey brownies, fudgy browies dan chewy brownies.

Nggak ada yang paling baik atau paling buruk, karena semua tergantung selera yang melahapnya. Tekstur dan rasa yang berbeda di antara 3 jenis brownies itu tercipta karena perbedaan bahan, rasio jumlah bahan dan metode mencampur bahannya.

Ingin bisa membedakan brownies atau kalau lebih ambisius lagi, ingin bisa membuat ketiga jenis brownies tadi, lihat dulu dong ciri-cirinya.

 

Cakey Brownies

Lihat serat pada cakey brownies yang menyerupai cake. | SHUTTERSTOCK

1. Teksturnya ringan menyerupai cake cokelat. Penampakannya juga terlihat mengembang karena penggunaan pengembang kue (baking soda dan atau baking powder).

2. Tapi supaya tetap punya identitas brownies dan tidak sama dengan cake cokelat, dipakai perpaduan gula pasir putih dan brown sugar. Selain itu, dipakai mentega leleh (bukannya mentega suhu ruang seperti pada cake).

3. Agar tercipta serat gluten, jumlah tepung lebih banyak dari lemak (butter).

4. Ideal memakai cokelat bubuk untuk tekstur kue yang ringan dan rasa cokelat yang kuat.

5. Urutan pencampuran adonan: mentega leleh, gula, bubuk cokelat, garam, baking powder. Barulah telur masuk satu persatu. Terakhir, masukkan tepung.

 

Fudgy Brownies

Padat dan lengket jadi salah satu ciri fudgy brownies. | SHUTTERSTOCK

1. Teksturnya, lembut, lengket dan padat. Penampakannya juga pendek.

2. Cokelat yang digunakan adalah cokelat leleh, bisa dari dark cooking chocolate atau chocolate chips. Sisakan cokelat 1/4 bagian cokelat dalam bentuk kecil/cincangan untuk ditambahkan di akhir.

3. Rasio lemaknya (butter dan cokelat leleh) lebih banyak dibanding tepung.

4. Cokelat leleh biasanya tidak memberi rasa cokelat yang kuat. Sehingga perlu ditambah cokelat bubuk.

5. Urutan pencampuran adonan: Lelehkan mentega bersama cokelat. Lalu masukkan gula pasir. Masukkan telur satu demi satu, dan kemudian campuran tepung, cokelat bubuk dan garam. Terakhir masukkan cincangan cokelat/chips.

 

Chewy Brownies

Tampilan chewy brownies mirip dengan fudgy brownies, tapi beda di tekstur. | SHUTTERSTOCK

1. Sesuai namanya, brownies jenis ini teksturnya lebih kenyal. Secara penampakan, chewy brownies terlihat pendek dan padat seperti fudgy brownies.

2. Digunakan brown sugar supaya tekstur brownies jadi lembab dan kenyal. Di beberapa resep, ada juga yang menambahkan molas untuk menambah kekenyalan dan mengeluarkan rasa cokelatnya.

3. Biasanya memakai kombinasi butter dan minyak. Minyak untuk kekenyalan dan butter untuk rasa dan aroma yang lebih kaya.

4. Urutan pencampuran adonannya: lelehkan butter bersama minyak. Masukkan campuran gula, cokelat bubuk dan molas, lalu masukkan kuning telur satu persatu. Di mangkuk lain, kocok putih telur bersama tepung dan garam dengan whisk. Masukkan adonan putih telur ini ke dalam adonan cokelat.

 

Yuk, berburu resep brownies yang sesuai dengan yang kamu suka!

 

Baca juga:

Brownies Pisang Ini Bikin Brownies Makin Jadi Favorit

Brownies Pisang | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Jangan Bikin Brownies Yang Biasa, Cari Inspirasi Dari Video Resep Brownies Bolak-Balik Ini

Brownies Bolak-Balik | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Resep Original Brownies Cookies

Original Brownies Cookies | ROMY PALAR/COOKIN.ID