Banyak Cara Mengonsumsi Sarden Kalengan Selain Ditumis. | SHUTTERSTOCK

Selain Ditumis, Ini 6 Cara Makan Ikan Sarden Kalengan Yang Harus Kamu Coba

author
Marti
Kamis, 19 Maret 2020 | 16:45 WIB

 

Mulai menyetok ikan sarden kalengan buat masa darurat? Ikan sarden kalengan nggak cuma enak ditumis apa adanya. Ini 6 cara kreatif makan ikan sarden kalengan supaya nggak ngebosenin.

 

Di antara makanan yang wajib disetok untuk kondisi darurat, sarden kalengan pasti nggak terlewatkan. Kalau kamu biasa bikin tumisan cabe dan bawang untuk mengolah sarden kalengan, coba beberapa cara alternatif di bawah ini, deh. Pasti nggak ngebosenin.

 

1. Nasi Goreng & Mi Goreng

Sarden jadi cara cepat menambahkan protein ke dalam menu karbo seperti nasi goreng atau mi goreng. Ikan bisa dipotong kecil-kecil atau juga bisa disuwir-suwir.

Sarden bisa bikin nasi/mi goreng makin sedap. | SHUTTERSTOCK

Saus dalam ikan bisa dipakai sekaligus sebagai bumbu nasi goreng, tetapi awas, kalau terlalu banyak bisa bikin nasi/mi goreng basah.

 

2. Jadi Topping Salad

Kalau kamu suka menambahkan protein ke dalam salad, yang pasti nggak cuma bisa pakai ayam, telur rebus atau smoked beef. Ikan sarden kalengan juga bisa kamu jadikan alternatif.

Salad sayur segar dengan ikan sarden, kenapa nggak? | SHUTTERSTOCK

Karena sarden di Indonesia kebanyakan sudah dalam saus tomat, kamu bisa bersihkan dulu dalam air matang. Dengan begitu, kamu tetap bisa makan salad dengan dressing sesuai selera, tanpa harus dirusak oleh rasa saus tomat.

 

3. Jadi Saus Pasta

Selain nasi dan mi, pasta juga layak disetok buat makanan darurat karena sifatnya yang tahan lama. Nah, kalau bosan makan pasta pakai saus bolognese atau saus carbonara, bisa juga kamu bikin saus dari ikan sarden. Tambahkan saus tomat kalengan supaya sausnya berlimpah. Apa pun jenis pastanya, pasti enak!

 

4. Topping Roti Panggang

Buat sarapan, roti panggang juga bisa dikasih topping ikan sarden, selain telur atau smoked beef. Biar segar, tambahkan potongan avokad atau tomat di atas roti sebelum ikan. Dijamin bakal ketagihan, deh!

Contek konsep makan roti orang topping ikan ala orang Skandinavia. | SHUTTERSTOCK
 

 

5. Jadi Topping Pizza

Kalau kamu suka yang praktis-praktis aja menyetok adonan base pizza yang sudah siap pakai, maka toppingnya juga nggak perlu bikin ribet dong. Sarden kalengan contohnya, bisa menghemat waktu bikin makanan yang spesial tanpa harus repot.

Bosan dengan daging sebagai topping pizza? Pakai ikan sarden aja! | SHUTTERSTOCK

 

6. Tambahan Tumisan Sayur

Potongan ikan sarden jadi tambahan yang pas buat tumisan sayuran segar yang biasa kamu bikin. Apa pun yang cocok dijodohkan dengan ikan teri, cocok juga dipasangkan dengan ikan sarden. Dalam satu masakan, seratm vitamin dan protein langsung terpenuhi, kan?

 

Mana dulu yang mau kamu coba, Cookiners?

 


Simak juga:

Panduan Food Delivery Aman Di Tengah Serbuan Virus Corona

Bagaimana supaya food delivery aman dari virus corona? | SHUTTERSTOCK

Ini Fakta Pentingnya Cuci Tangan Saat Masak Agar Virus dan Kuman Mati

Wajib cuci tangan setelah mengolah ayam mentah. | SHUTTERSTOCK

Cara Belanja Aman Di Supermarket Supaya Terhindar Dari Virus Corona

Cara aman belanja di supermarker supaya terhindar dari virus corona. | SHUTTERSTOCK