Dalgona Coffee ala Korea yang viral ke seluruh dunia. | SHUTTERSTOCK

Butuh 400 Adukan, Rahasia Kopi Dalgona Yang Viral Saat Harus #WorkFromHome

author
Marti
Selasa, 24 Maret 2020 | 17:39 WIB

 

Viral di banyak platform media sosial saat orang-orang harus karantina diri di rumah, kopi Dalgona ini jadi salah satu pengalih perhatian dari banyak berita suram. Kabarnya butuh 400 adukan, lho, supaya sukses!

 

Dalam kondisi penuh keterbatasan, sudah jadi sifat manusia untuk selalu cari jalan keluar. Kopi dalgona ini contoh konkritnya.

Saat harus menghabiskan banyak waktu di rumah, anak-anak muda di Korea Selatan berinisiatif bikin kopi sendiri. Muncul, deh, fenomena kopi Dalgona yang viral di segala platform medsosm dari Tiktok, Youtube, Facebook sampai Instagram.

 

Aslinya Permen

Dalgona sendiri aslinya adalah permen anak-anak yang terkenal di Korea beberapa dekade lalu. Permen ini keras di luar tapi lembut di dalam, rasanya perpaduan antara gula dan butter plus penambah rasa lain.

Dalgona Candy yang jadi asal mula nama kopi Dalgona. | SHUTTERSTOCK

Kemiripan warna, rasa dan tekstur ini jadi asal-usul kopi yang viral itu dinamai Dalgona Coffee. Coba cek aja hashtag #dalgona di medsos, ada puluhan ribu, lho, di IG saja.

 

Cuma 4 Bahan

So, gimana cara bikin Dalgona Coffee? Siapkan saja empat bahan utama, yaitu kopi instan (yang larut tanpa ampas), gula pasir, air panas dan susu (panas atau dingin sesuai selera).

Caranya, masukkan 2 sendok teh kopi ke dalam gelas, campur dengan 2 sendok teh gula pasir dan 1/4 gelas air panas (kira-kira 60 ml atau 4 sendok makan.)

 

Aduk 400 kali

Kopi, gula dan air panas ini kemudian diaduk sampai teksturnya mengental. Alat pengaduknya bisa apa aja sih, dari whisk kecil, mixer, sampai frother.

Yang seru, banyak yang nggak punya tiga alat di atas sehingga pengadukan pun memakai garpu atau sendok. Dan untuk mencapai tekstur yang kental itu lumayan sulit kalau pakai sendok atau garpu.

Katanya sih, butuh sampai 400 adukan (kayaknya lebih repot menghitung daripada mengaduk). Nggak aneh kalau sampai ada tantangan Dalgona Coffee yang nggak kalah viral di medsos. Daan, nggak semua orang sukses, lho, hiks!

 

Panas atau Dingin

Singkat cerita, kalau kamu sukses, tekstur kopi yang kental ini nantinya dituangkan ke dalam 3/4 gelas susu (kira-kira 180 ml). Bisa susu hangat kalau mau kopi kamu hangat. Kalau mau jadi Dalgona Iced Coffee, masukkan es ke dalam gelas susu sebelum dituang kocokan kopi.

Kabar baik buat yang nggak suka kopi atau nggak bisa minum kopi. Kamu juga bisa bikin minuman ini dari cokelat. Takarannya pun sama.

Penasaran ingin coba?

 

 
 
 
View this post on Instagram