world food day unik | Shutterstock

World Food Day Unik

author
Semy
Rabu, 17 Februari 2021 | 15:00 WIB

Banyak negara yang punya world food day, hari-hari khusus untuk merayakan atau memperingati makanan tertentu. Di antara sekian hari itu, ada perayaan hari khusus yang tak pernah terbayangkan oleh kita bakal dibikinkan hari khususnya. Ini harinya.

 

1. HARI MAKANAN PEDAS INTERNASIONAL

Bukan cuma masyarakat kita yang doyan pedas, Orang Amerika juga. Buktinya ada hari khusus untuk memperingati Hari Makanan Panas dan Pedas Internasional. Nah, setiap 16 Januari itu makanan Asia yang pedas, Cajun, atau Tex Mex berjaya.

hot and spicy day | Shutterstock

2. MAKAN YANG ANDA INGINKAN

Bosan juga mungkin menggelar perayaan pada makanan tertentu. Maka  11 Mei  digelar hari juga hari Eat What You Want Day. Pokoknya bebas mau makan apa saja. Tetapi sesungguhnya hari ini adalah kesempatan buat mereka yang selalu berdiet untuk keluar dulu dari rutinitas diet yang kadang sangat menekan. Eat your favourits now!

eat what you want day | Shutterstock

3. HARI MEMBERSIHKAN KULKAS

Mungkin karena tahu orang malas membersihkan kulkas, makanya dibuat hari khusus Pembersihan Kulkas. Sayangnya hanya setahun sekali yaitu setiap 15 November. Padahal baiknya isi kulkas wajib dibersihkan seminggu 1 kali.

membersihkan kulkas | Shutterstock

4. HARI ES KRIM UNTUK SARAPAN

Setelah punya Hari Es Krim, ternyata orang Amerika masih perlu hari Es Krim untuk Sarapan. Bayangkan buka hari dengan es krim. Begini sejarahnya, di musim dingin yang keras, tahun 1960 Florence Rappaport mencoba menghibur 6 anaknya yang kesal karena tak bisa melakukan apa pun dengan mengajak mereka sarapan es krim. Ternyata ajakan itu berkesan. Tahun berikuitnya di tanggal yang sama mereka mengingatkan sang ibu akan hari khusus ini. Bahkan tradisi itu mereka tularkan kepada teman-teman setelah mereka kuliah. Tradisi itu segera saja menyebar. Beberapa negara bahkan meniru perayaan yang diadakan setiap Sabtu pertama Februari ini. 

es krim untuk sarapan | Shutterstock

5. BLACK DAY

Nah, ini perayaan orang Korea. Uniknya hari ini dikhususkan bagi para jomblo. Tiap 14 April,  para jomblo berkumpul menyantap jjajangmyeon, mi yang dilumuri pasta kedelai hitam. Jangan kaget bagi

Para pedagang hari ini jadi target pemasaran yang jitu. Sementara buat para jomblo, hari ini bisa jadi saat tepat mencari jodoh. Dan yang tak kalah penting adalah kontes makan jjajangmyeon.

jjajangmyeon | Shutterstock

6. HARI COKELAT IKAN

Di New Zealand setiap tanggal 11 Mei dirayakan Fish Chocolate. Cokelat berbentuk ikan berukuran tak lebih dari 8 cm ini sangat unik. Cokelatnya terbuat dari marshmallow merah muda atau putih yang dilapisi cokelat. Belakangan perusahaan cokelat Cadbury membuat varian lebih kecil. 

chocolate fish day in New Zealand | Shutterstock