Belanja Aman Saat Covid | SHUTTERSTOCK

Belanja Aman Saat Covid

author
Semy
Selasa, 29 Juni 2021 | 14:15 WIB

Munculnya varian covid baru yang jauh lebih ganas dari sebelumnya, mengubah banyak cara hidup kita, termasuk berbelanja. Belanja online, tentu akan lebih aman daripada pergi ke supermarket, namun kita tidak bisa selalu membeli sesuatu lewat handphone, bukan. Sekali-sekali kita tetap harus pergi ke supermarket. Inilah cara aman yang membuat kamu bisa tidak tertular penyakit yang tampaknya tak bakal punah dalam waktu dekat.

 

1. Kunjungi Supermarket yang Ketat Aturannya

Betapapun mengesalkannya supermarket yang punya banyak aturan, itulah yang lebih aman buat kita karena kerewelannya secara tidak langsung menyaring orang yang datang.

 

2. Datanglah di Saat Sepi

Ketika supermarket baru buka, pengunjung belum banyak datang dan barang-barang belum banyak dijual orang. Berbelanjalah saat itu.

 

3. Kenakan Sarung Tangan 

Sarung tangan membuat kamu tidak bersentuhan langsung dengan barang-barang yang kamu beli yang mungkin saja sudah dipegang banyak orang yang tak kita tahu kebersihannya.

 

4. Cuci Tangan Sebelum Masuk

Kalau tak ada sarung tangan, cuci tangan sebelum masuk. Cara ini juga melindungi orang lain kalau-kalau tangan kita habis bersentuhan dengan kuman.

 

5. Gunakan Pelindung Ketika Membuka Pintu

Gunakan tisu atau apa pun ketika memegang handle pintu. Kalau perlu, dorong pintu dengan kaki kita.

 

6. Menjauh dari Mereka yang Menurunkan Masker

Ada saja orang yang mengobrol di depan barang yang terdisplay sambil menurunkan masker. Segeralah menjauh dan jangan membeli barang yang ada di sekitar orang itu.

 

7. Bawa Daftar Belanja

Daftar belanja membuat kita bisa belanja dengan cepat. Lebih baik lagi kalau daftar belanja sudah disusun menurut jalur peletakan barang sehingga kita tak perlu berpurar-putar di dalam supermarket.

 

8. Atur Jarak di depan Kasir

Berdiri menjauh dari orang di depan kamu dan minta orang di belakang kamu juga untuk berdiri dengan jarak aman. Jangan takut melakukannya.

 

9. Bayar dengan Kartu

Jangan membayar dengan uang cash. Uang kembaliannya tidak aman bagi kita. Semprot kartu sebelum dimasukkan kembali ke dalam dompet.

 

10. Cuci Tangan dengan Sabun dan Air 

Setelah keluar dari supermarket, buka sarung tangan, buang, lalu cuci tangan kamu dengan sabung dalam waktu lama. 

 

Simak juga

Cara Belanja Aman Di Supermarket Supaya Terhindar Dari Virus Corona

Ingin Belanja Minim Pastik? Coba 6 Alternatif Ini!

Menyimpan Makanan Dengan Benar