Semangka dan 6 Makanan Lain Yang Ternyata Enak Dipanggang | SHUTTERSTOCK

Semangka dan 6 Makanan Ini Ternyata Enak Dipanggang

author
Hasto Prianggoro
Sabtu, 17 November 2018 | 22:53 WIB

 

Tidak cuma daging atau ikan yang enak dipanggang. Sejumlah makanan berikut juga tidak kalah lezat dipanggang. Siapkan saja panggangan antilengket dan tanpa butuh banyak waktu atau bumbu, menu panggang unik nan lezat siap tersaji. Semangka dan 6 makanan ini ternyata enak dipanggang.

 

1. Semangka

Panas, aroma asap dari pemanggang dan sedikit garam tidak terduga membuat semangka begitu kaya rasa, bahkan menyerupai daging. Campur bawang bombay cincang, garam, merica bubuk dan minyak zaitun lalu oleskan ke potongan semangka. Panggang setiap sisi selama 5 menit sampai bertekstur seperti karamel dan sedikit kering.

 

2. Kembang Kol

Kembang Kol Panggang | SHUTTERSTOCK

Kembang kol bisa dimasak dengan beragam cara dan teknik, salah satunya dengan dipanggang. Potong-potong kembang kol sesuai selera. Kucurkan sedikit minyak di atasnya lalu panggang. Taburkan garam jika suka.

 

3. Tiram

Tiram Dipanggang | SHUTTERSTOCK

Kalau biasa menyantap tiram segar dengan perasan lemon dan garam, sesekali coba tiram panggang, yuk! Letakkan kerang di pemanggang, lalu panggang hingga kulit kerang terbuka. Cuma dalam waktu singkat, kamu sudah bisa menyantap tiram panggang lezat!

 

4. Keju

Jenis keju yang bisa dipanggang adalah yang bertekstur agak keras. Biasanya, keju dari susu kambing banyak digunakan. Beberapa jenis yang cocok dipanggang adalah halloumi dan provolone. Potong agak tebal supaya keju tidak cepat meleleh. Oles keju dengan minyak zaitun. Tidak hanya menguarkan aroma yang menggoda, teksturnya pun kenyal dan lembut di lidah. Sajikan dalam roti pita atau tortilla.

 

5. Ubi

Ubi Panggang | SHUTTERSTOCK

 

Di Jawa Barat, pasti sudah tidak asing dengan ubi Cilembu yang dibakar atau dioven. Nah, ubi yang normal pun bisa dipanggang, meskipun tidak mengeluarkan cairan madu seperti ubi Cilembu. Oles keseluruhan ubi dengan mentega lalu panggang dengan api sedang selama 40-60 menit sampai kulitnya kecokelatan dan dagingnya empuk. Belah dua ubi, oleskan mentega dan taburkan gula selagi panas.

 

6. Avokad

Potong avokad menjadi 2 lalu panggang. Bisa langsung disantap atau bisa juga dipotong-potong lalu masukkan ke dalam saus guacamole yang cita rasanya jadi makin kaya dengan sedikit smoky taste. Saus guacamole ini bisa jadi olesan roti atau juga jadi tambahan di salad.

 

7. Wortel

Ketika dipanggang, rasa manis alami wortel akan keluar. Campuran aroma wortel yang manis yang berpadu dengan aroma asap dan bara pemanggang pasti akan mengundang selera makan.

 

8. Nanas

Nanas | SHUTTERSTOCK

Iris nanas jadi potongan-potongan tipis lalu letakkan di atas pemanggang. Rasa asam nanas akan berkurang sehingga nanas pun akan terasa lebih manis dibanding ketika masih segar.

 

9. Selada Romaine

Sekilas mirip kol goreng yang banyak ditawarkan penjual ayam goreng. Tapi daun selada Romaine yang dipanggang pastinya lebih sehat. Belah dua daun selada, lalu sapukan campuran olive oil, garam dan merica bubuk di permukaannya, lalu panggang.

 

Sekali mencoba, pasti rasanya bikin ketagihan!

 

#bbq