Bagian Buangan Buah & Sayur Yang Banyak Manfaatnya | SHUTTERSTOCK

Bagian 'Buangan' Dari 7 Buah dan Sayur Yang Banyak Manfaatnya

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 17 November 2018 | 19:19 WIB

 

Saat mengonsumsi buah atau sayur tertentu, kamu pasti terbiasa membuang bagian-bagian yang dikira tidak berguna. Padahal, kalau dikonsumsi, bagian-bagian ‘buangan’ ini punya nilai gizi yang tak kalah dari bagian utamanya. Di kuliner barat, ini dikenal dengan tren root to stem. Berikut bagian 'buangan' dari 7 buah dan sayur yang banyak manfaatnya.

 

1. Biji Labu Kuning

Biji labu mengandung magnesium, zat besi, protein dan fitosterol yang ampuh menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Nikmat dibuat kuaci, campuran snack bar atau cookies.

 

2. Daun Buah Bit

Daun buah bit. | DOK. FREEPIK

Buah bit yang merah keunguan ini punya daun berwarna merah kehijauan. Punya kandungan serat, kalsium, zat besi, vitamin A dan K. Daun bit bisa diolah jadi saus pesto (selain basil), atau ditumis bersama bawang putih dan sayuran lain.

 

3. Kulit Kentang

Kulit Kentang Ternyata Punya Nilai Gizi Tinggi | SHUTTERSTOCK

Saat memanggang kentang, tidak perlu mengupas kulitnya. Konsumsi kentang panggang bersama kulitnya. Kulit kentang juga bisa dipanggang tersendiri atau ditumis dalam minyak zaitun bersama bawang putih, paprika dan lada hitam.

 

4. Daun dan Batang Brokoli

Daun dan Batang Brokoli | SHUTTERSTOCK

Selain bunganya, daun dan batang brokoli ternyata kaya serat. Daunnya bisa dijadikan campuran salad atau ditumis bersama sayuran hijau lain. Batangnya bisa dipotong kecil atau dipotong tipis untuk dijadikan tambahan tumisan. Bisa juga dipotong ala julienne untuk dijadikan sajian ala pasta.

 

5. Daun Wortel

Daun Wortel | SHUTTERSTOCK

Terkadang, wortel yang dibeli di pasar masih ada bagian daunnya. Ingin membuat kaldu sayuran, pesto atau salad? Sertakan bagian daun wortel yang kaya gizi. Agar daun tidak pahit, setelah dicuci lakukan teknik blanching. Caranya, masukkan daun wortel ke dalam air mendidih hingga berubah warna lalu angkat dan masukkan ke dalam air dingin/air es.

 

6. Daun dan Tangkai Kembang Kol

Campur irisan batang dan daun kembang kol untuk dibuat omelet. Atau bisa juga tambahkan ke dalam butter dan irisan jamur untuk menjadi tumisan lezat.

 

7. Kulit Semangka

Kulit Semangka | SHUTTERSTOCK

Kulit yang dimaksud adalah bagian putih di bawah daging merah semangka. Kulit ini mengandung asam amino yang mengurangi nyeri otot dan menyegarkan tubuh. Jadi, mulai sekarang, makan semangka bersama daging putihnya, ya!

 

Penasaran ingin mencoba?