Avokad | SHUTTERSTOCK

Avokad Yang (Pernah) Jadi Simbol Kemewahan

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 28 November 2018 | 16:50 WIB

 

Enak dan bergizi, avokad sering dipakai sebagai salad, toping, atau campuran dessert dan minuman. Ada juga yang lebih suka menyantap avokad langsung. Agar lebih mengenal buah penuh gizi ini, simak hal menarik tentang avokad seperti yang dilansir dari the dailymeal.com. Salah satinya, fakta tentang avokad yang (pernah) jadi simbol kemewahan.

 

1. Pir Buaya

Dengan bentuknya yang seperti pir dan kulit berbintik-bintik, avokad mendapat julukan alligator pear alias pir buaya.

 

2. Pengganti Mentega

Ketika pelaut Europa berlayar menemukan dunia baru, alih-alih menggunakan mentega, selai atau cream cheese, mereka malah menggunakan avokad untuk mengolesi roti mereka.

 

3. Tidak Matang Di Pohon

Tidak seperti buah pada umumnya, avokad tidak bisa matang di pohon. Agar matang, avokad justru harus dipetik dan disimpan dalam kantong kertas serta diletakkan di tempat yang kering. Dengan cara itu, avokad yang sudah tua akan matang setelah 3 hari disekap.

Avokad | SHUTTERSTOCK

 

4. Simbol Kemewahan

Zaman dahulu, avokad hanya bisa dikonsumsi oleh keluarga kerajaan dan sebagai tanda kemewahan. Tapi sekarang semua orang bisa memakan avokad.

 

5. Tes Kematangan

Banyak orang kesulitan untuk menentukan apakah avokad sudah matang atau belum. Satu-satunya cara adalah dengan menekan dengan lembut. Jika sudah matang, avokad akan terasa sedikit lembut.

 

6. Baik Untuk Bayi

Tidak ada buah yang komplet kandungan gizinya untuk bayi selain avokad. Karena itu, avokad sangat baik untuk campuran makanan atau camilan bayi.

Avokad Baik Untuk Bayi | SHUTTERSTOCK

 

7. Jadi Bahan Makanan Lezat

Di Brasil, avokad digunakan sebagai bahan pembuat es krim. Di Filipina, avokad dihaluskan dengan gula dan susu untuk membuat minuman sajian penutup.

 

 

Sudah makan avokad hari ini?