Ronde | SHUTTERSTOCK

Ronde, Simbol Perekat Keluarga Di Akhir Tahun

author
Marti
Jumat, 21 Desember 2018 | 14:22 WIB

 

Dalam budaya Tionghoa, tanggal 22 Desember adalah hari perayaan Festival Dongzhi yang identik dengan makanan khasnya, ronde. Filosofi apa yang ada di balik bulatan tepung warna-warni yang diguyur kuah manis ini?

 

Apa itu Festival Dongzhi?

Kata dongzhi berarti dingin yang ekstrim, yang menandakan malam terpanjang dalam penanggalan Imlek. Perayaan Festival Dongzhi yang menandakan datangnya musim dingin ini (biasanya di tanggal 22 Desember) dikenal juga dengan istilah Winter Solstice Festival.

 

Akhir tahun jadi simbol refleksi diri dalam budaya Tionghoa. Itulah kenapa biasanya keluarga berkumpul pada Festival Dongzhi ini. Makanan yang disantap adalah tangyuan (dibaca dangyuen) yaitu tepung ketan yang dibentuk bulatan warna-warni dan disantap dalam siraman kuah jahe yang manis.

 

Ronde Dalam Proses Pembuatan | SHUTTERSTOCK

 

Nah, tepung ketan yang lengket inilah yang dijadikan simbol perekat bagi keluarga. Ada yang tanpa isi, ada juga yang berisi kacang atau wijen. Biasanya, jumlah bulatan tangyuen yang dimakan merefleksikan jumlah usia masing-masing penyantapnya.

 

Lalu, Kenapa Di Indonesia Jadi Ronde?

Nah, dalam komunitas Tionghoa di Indonesia, tangyuan menjadi ronde. Kok bisa? Ini tidak bisa dipisahkan dari pengaruh Belanda di awal-awal perayaan Festival Dongzhi ini. Saat melihat tangyuan, orang-orang Belanda punya penamaan sendiri.

 

Rond dalam bahasa Belanda artinya bulatan. Nah, ‘je’ biasanya disertakan sebagai akhiran untuk memberi arti kecil. Kata ‘rondje’ pun lama-lama menjadi ‘ronde’ dalam lafal orang Indonesia. Begitu pun istilah sembahyang ronde untuk merayakan Festival Dongzhi.

 

Meskipun tangyuan aslinya bisa disantap dalam kuah manis maupun kuah kaldu yang gurih, di Indonesia lebih banyak yang menyantapnya dalam kuah gula merah dan jahe, biasa disebut wedang. Jadilah istilah wedang ronde yang hanya ditemukan di Indonesia.

 

Ronde dalam kuah jahe dan gula merah. | SHUTTERSTOCK

 

Nah, merayakan Dongzhi atau tidak, kayaknya kamu harus mencicipi lezatnya ronde. Hangatnya pas untuk disantap saat udara dingin. Kalau tidak sempat bikin, bisa berburu di pasar, lho!

 

Klik Resep Ronde, Lembut Dan Hangat Dalam Sekali Suap ini untuk resep ronde enak seperti foto di bawah.

Ronde | ROMY PALAR/COOKIN.ID