Sop Buntut Khas Indonesia | SHUTTERSOCK

Ini 5 Jenis Sup Buntut Di Dunia Yang Perlu Kamu Tahu

author
Marti
Rabu, 19 Desember 2018 | 16:50 WIB

 

Bagian buntut sapi yang berlemak menawarkan kelezatan yang tiada duanya. Tapi ini bukan hanya menurut kita, sebagai orang Indonesia. Makanya, sajian menyerupai sup buntut juga dikenal di berbagai negara. Ini 5 jenis sup buntut di dunia yang perlu kamu tahu.

 

Yang Terdekat, Sop Buntut Khas Indonesia

Sebagian dari kamu pasti setidaknya sudah pernah mencicipi sop buntut yang yang banyak tersedia di resto di negeri ini. Sop buntut di Indonesia biasanya berupa potongan buntut yang direbus atau dipresto sampai empuk lalu disajikan dalam kuah kaldu yang jernih.

Siapa yang bisa menolak godaan semangkuk sop buntut panas ini? | SHUTTERSTOCK
 

 

Dalam kuah ini, kita juga bisa menemukan potongan kentang, wortel, tomat, daun bawang dan seledri. Bumbu utama yang identik dengan sop buntut indonesia adalah pala, cengkeh dan merica.

Ada juga variasinya yaitu sop buntut goreng. Buntut sapi dibumbui lalu digoreng dan disajikan terpisah dari kuahnya. Baik sop buntut maupun sop buntut goreng biasanya disajikan dengan nasi, emping, sambal dan perasan keruk nipis.

 

Di Inggris, Sup Buntut Memakai Banyak Daun Aromatik

Sup buntut juga dikenal di Inggris sejak abad 18. Selain sayuran seperti wortel, seledri dan daun bawang, ada juga lobak serta aneka macam daun aromatik seperti peterseli, bay leafs dan thyme. Tidak heran kalau aromanya sangat khas.

Sup Buntut Khas Inggris | FINEDININGLOVERS.COM

 

Buntut sapi dimasak bersama sayuran hingga empuk. Daging buntut kemudian dilepaskan dari tulangnya dan kuahnya disaring. Sup kemudian didiamkan dalam lemari es 3-4 jam sehingga lemaknya mengeras di bagian atas dan mudah dibuang. Sup cukup dipanaskan saat ingin disantap.

 

Sup Buntut Khas China

Kalau sayuran di sop buntut Indonesia cenderung dipotong kotak dengan ukuran medium, nah beda dengan sup buntut dari China yang biasa disebut niuwei tang. Potongan buntut sapi dimasak bersama dengan kentang, wortel, tomat dan jamur dalam ukuran besar.

Sup Buntut Khas China |

 

Proses memasak aneka bahan berukuran besar dalam waktu lama ini tidak cuma meninggalkan warna kemerahan dan kekuningan dalam sup buntut. Sebagian sayuran pun menjadi sangat empuk dan cenderung hancur sehingga kuahnya jadi mengental dan padat, tidak cair seperti sup kebanyakan.

 

Sop Buntut di Amerika Bagian Selatan

Amerika bagian selatan (terutama Louisiana) dikenal dengan cita rasa kreol, yaitu masakan dengan berbagai pengaruh dari seluruh dunia. Selain bumbu dan daun standar (peterseli, bawang putih, bay leaf, oregano dan thyme), sup buntut ini juga memakai jinten dan ketumbar.

Sup Buntut Kreol | KENNETHTEMPLE.COM

 

Karena penggunaan tomat dan pasta tomat, sup buntut khas kreol ini jadi menyerupai saus pasta yang kental., tapi tentunya tetap khas dan beda karena bumbu yang berbeda di atas. Biasanya, sup buntut khas Amerika Selatan ini disajikan bersama nasi putih.

 

Korea Juga Punya Sup Buntut

Sup Buntut Korea | REDDIT.COM

 

Sup buntut di Korea diberi nama kkori-gomtang. Buntut sapi dimasak bersama bumbu yang bisa dibilang minimal, seperti garam, bawang putih, merica dan daun bawang. Proses memasaknya makan waktu berjam-jam supaya daging empuk.

Selama proses, bagian lemak yang muncul ke permukaan biasanya disingkirkan beberapa kali sehingga hasilnya adalah kuah sup yang jernih. Itulah kenapa sup buntut khas Korea ini termasuk jenis gomguk alias sup dari kaldu tulang sapi.

 

Jadi, tertarik mau bikin versi yang mana, Cookiners?