Berapa Kali Idealnya Anak Makan Daging Merah Seminggu? | NOENG, SHUTTERSTOCK

Berapa Kali Idealnya Anak Makan Daging Dalam Seminggu?

author
Marti
Selasa, 30 April 2019 | 16:40 WIB

 

Olahan daging sapi nggak cuma lezat, tapi juga penting untuk melengkapi gizi seimbang, terutama untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Nah, berapa kali idealnya anak makan daging sapi dalam seminggu?

 

Sebelum menjawab pertanyaan itu, kamu perlu tahu kenapa anak yang sedang tumbuh kembang perlu makan daging sapi. Kandungan nutrisi apa aja yang terkandung dalam daging sapi sehingga tidak boleh dilewatkan oleh ibu mana pun di dunia ini?

 

Mengandung Zat Besi Tertinggi

Daging merah mengandung zat besi tertinggi dibandingkan daging ayam, daging ikan dan daging lainnya. Perbandingannya adalah, 1 potong daging merah setara dengan 3 potong daging ayam atau setara dengan 9 potong daging ikan.

Zat besi berperan dalam meningkatkan metabolisme energi dalam tubuh dan otak. Kekurangan zat besi bikin berisiko terkena Anemia Gizi Besi yang ditandai dengan kulit pucat, lemah, letih, pusing, moody, kurang nafsu makan dan menurunnya konsentrasi dan belajar.

Lesu dan kurang konsentrasi pada anak adalah salah satu ciri kekurangan zat besi. | SHUTTERSTOCK

Selain zat besi, daging merah juga mengandung zat seng yang berperan dalam metabolisme enzim dalam menjaga kekebalan tubuh, dan juga vitamin B kompleks membantu kerja sistem saraf otak untuk membantu konsentrasi dan meningkatkan daya ingat.

Daging merah juga baik untuk jantung, sistem saraf pusat dan hati karena kandungan asam lemak omega 3-nya. Masih ada lagi kandungan selenium yang penting dalam pembentukan zat antioksidan untuk sistem imunitas anak.

 

Baca juga: Ragam Makanan Berbuka Puasa Di Dunia

 

Kebutuhan Zat Besi Anak Menurut Usia Berbeda, Lho!

Menurut range usianya, kebutuhan zat besi anak beda-beda, lho, Cookiners. Bayi sampai usia 6 bulan masih tercukupi kebutuhan zat besinya dari ASI. Sementara untuk bayi usia 7-12 bulan memerlukan 11 mg zat besi per harinya.

Anak di atas 1 tahun butuh sekitar 7-10 mg zat besi per hari. Nah, anak usia remaja laki-laki butuh 11 mg zat besi per harinya, sementara remaja perempuan butuh lebih banyak lagi yaitu 15 mg zat besi per hari.

 

Baca juga: Ingin Pasta Buatan Kamu Enak? Rebus Dulu Pasta Dengan Cara Yang Benar

 

Berapa Kali Idealnya Anak Makan Daging Dalam Seminggu?

Nah, 100 gram daging merah mengandung 3 mg zat besi. Jumlah ini bisa memenuhi setengah dari kebutuhan zat besi anak setiap harinya.  Tidak harus setiap hari memang, tapi setidaknya konsumsilah daging sapi ini sebanyak 3-4 kali per minggu.

Sebanyak 100 gram daging merah setara dengan ukuran telapak tangan orang dewasa. | SHUTTERSTOCK

Tentunya, ini juga harus diimbangi dengan sumber zat besi lain seperti daging ikan, daging ayam dan sayuran agar jumlah kebutuhan zat besi anak terpenuhi. Dan pastinya supaya anak nggak bosan juga karena menu makannya bervariasi.

 

Nah, kalau sudah tahu kebutuhan daging sapi anak per minggunya, jadi lebih mudah kan merencanakan belanja mingguan dan menyusun menunya?

 

Baca juga: Masih Malas Mengolah Brokoli? Ini Cara Menyiangi Brokoli Supaya Semangat Memasaknya

 

#dagingsapiaustralia