Jangan Lupakan Daging Sapi Saat Sahur | SHUTTERSTOCK

Jangan Lupakan Daging Sapi Saat Sahur, Ini Alasannya!

author
Semy
Kamis, 23 Mei 2019 | 12:06 WIB

 

Ingin tetap fit saat puasa? Kuncinya ada di kualitas makanan yang disantap saat sahur. Nah, jangan lupakan daging sapi saat sahur, ini alasannya!

 

Asupan bergizi sering lalai diperhatikan saat sahur. Kita semua seringnya lebih memilih membuat atau menyantap hidangan yang mudah diolah, mudah pula ditelan.

Padahal, justru di saat sahur kita butuh asupan gizi yang prima karena di saat berbuka puasa biasanya kita tak bisa makan banyak-banyak terutama kalau kita sudah mengudap makanan manis terlalu banyak

 

Kenapa Baik Menyantap Daging Sapi Saat Sahur?

Nah, bicara soal asupan gizi, perhatikan asupan zat besinya. Mengapa begitu? Zat besi ini membuat tubuh kita menghasilkan energi yang maksimal. Kalau energi kita maksimal, kita tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

Memangnya zat besi dalam daging sapi tak bisa digantikan oleh ayam atau ikan, atau bahkan oleh bahan nabati seperti bayam? Tentu saja bisa. Tetapi zat besi dalam daging jumlahnya banyak. Sehingga hanya dengan makan sepotong daging, kita sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan zat besi tadi, kita harus makan ayam 3 kali lipat daging. Wah, nggak mampu perutnya kalau di pagi-pagi buta kita makan terlalu banyak.

 

Cukup 100 gram menyantap daging saat sahur memenuhi banyak kebutuhan gizi saat puasa. | SHUTTERSTOCK

 

Protein pada daging sapi cukup tinggi, lo. Protein ini penting untuk mengikat kadar hemoglobin dan membawa oksigen dalam darah. Di dalam daging sapi juga ada zinc. Mineral ini punya banyak fungsi. Salah satunya memperkuat daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh inilah yang membuat puasa kita lancar sampai Lebaran nanti, bukan? Jangan lupa pula kandungan omega 3 pada daging sapi yang bagus untuk perkembangan otak.

 

Baca juga: 6 Mitos Di Balik Daging Sapi

 

Olahan Daging Saat Sahur

Olahan daging apa yang praktis dibuat sekaligus dimakan saat sahur? Banyak, kok. Yang penting pilih daging bertekstur empuk seperti daging Australia sehingga cepat waktu olahnya dan empuk saat disantap.

 

Simak resep-resep daging sapi praktis yang bisa dibuat untuk sahur di cookin.id | SHUTTERSTOCK

 

Sop dan soto salah satu menu sahur favorit. Kita bisa bikin variasi sop atau soto daging sehingga tak membosankan. Tumisan daging seperti teriyaki misalnya, mudah dibuat dan disukai. Kini banyak jenis saus dijual orang, mempermudah kita berkreasi di dapur.

 

Baca juga: Ini Dia Rahasia Mom Efisien Di Dapur

 

Daging yang dibumbui sedikit pedas juga sering dicari orang waktu sahur untuk meningkatkan nafsu makan. Masakan seperti ini pun bisa dibuat dalam bentuk tumisan alih-alih sambal goreng, misalnya.

 

Bola daging dalam pasta berkuah ini bisa jadi menu daging sehat dan enak untuk sahur. | SHUTTERSTOCK

 

Bakso kuah pasti jadi pilihan menu sahur yang jitu. Kalau mau praktis, ke dalam adonan bisa kita tambahkan sayuran.

Gampang, kan? Yuk, tambahkan menu daging sapi sesering mungkin ke dalam menu sahur kita.

 

Simak juga:

Kaserol Pasta Praktis Ini Jadi Bukti Kalau Daging Sapi Bisa Diolah Tanpa Repot

Kaserol Pasta Praktis | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Meat Bulgogi Stirfry, Cara Cepat Bikin Tumisan Daging Lezat

Meat Bulgogi Stirfry | ROMY PALAR/COOKIN.ID

 

#dagingsapiaustralia