Ini Dia Rahasia Supaya Mom Efisien Di Dapur | SHUTTERSTOCK

Ini Dia Rahasia Mom Efisien Di Dapur

author
Semy
Kamis, 16 Mei 2019 | 09:00 WIB

 

Kagum dengan orang yang bisa membuat 2-3 masakan dalam waktu 1 jam saja? Hei, kamu juga bisa, asal efisien menggunakan waktu. Makanya banyak wanita bekerja tetap memasak rutin setiap hari menyediakan hidangan sehat dari daging sapi yang justru dikenal lama waktu olahnya. Kamu juga bisa jadi mom efisien. Ini caranya.

 

1. Tentukan Menu Seminggu

Mengapa penting menentukan menu seminggu? Banyak keuntungannya. Kamu bisa belanja sekali saja dalam seminggu tanpa perlu mampir ke supermarket sepulang kantor. Ingat saja kalau sudah ke supermarket, kita sering jadi lupa waktu.

 

2. Pilih Bahan Dasar Yang Baik

Makin bagus kualitas bahan dasar, makin cepat waktu memasak. Untuk daging sapi, pilih daging sapi Australia. Mengapa begitu? Karena daging sapi Australia sudah melalui proses aging (pelayuan) sehingga memangkas waktu masak yang panjang. Hanya butuh waku 10-15 menit untuk menumis daging Australia, lo.

 

3. Pilah Daging Sesuai Kebutuhan

Sebelum masuk freezer, pilah-pilah daging sesuai masakan yang sudah kamu rencanakan tadi. Misal, daging untuk dibuat soto, daging untuk melengkapi tumisan sayuran, daging untuk dibuat semur atau rendang.

Patty bisa langsung dibuat dengan daging giling segar. | SHUTTERSTOCK

 

4.  Siapkan Bahan Sampai Siap Olah

Bikin sop yang terkenal mudah tinggal cemplung-cemplung pun akan butuh waktu panjang kalau persiapan kita kurang canggih. Hindari cara ini. Sambil memilah daging, menyimpan sayuran, kamu bisa, lo, merebus daging untuk soto atau sop.

Nah, benar, kan, perencanaan menu jadi sangat penting. Simpan daging dalam keadaan sudah direbus. Selain hemat waktu saat memasaknya, saat disimpan, lemak daging, kalau ada, akan membeku dan mudah kita pisahkan.

 

5. Bumbui Seusai Membeli

Daging untuk ditumis, dipanggang, digoreng, atau dibuat sate, enaknya dimarinasi dahulu hingga meresap. Nah, lakukan marinasi sebelum disimpan sehingga saat akan memasak, kita bisa langsung mengolahnya. Tak perlu menunggu bumbu meresap.

Daging untuk sate bisa dimarinasi sebelum disimpan. | SHUTTERSTOCK

 

6. Setok Kaldu

Selalu beli daging untuk dibuat kaldu. Sambil merebus daging, buat juga kaldu. Lo, kan sudah membuat rebusan untuk sop atau soto? Kaldu lain lagi. Memiliki stok kaldu sangat banyak kegunaannya. Simpan di dalam tempat es batu lalu bekukan.

Ketika membuat capcay atau tumisan lainnya, misalnya, keluarkan satu kotak dan masukkan ke dalam tumisan. Tumisan kita langsung gurih. Begitu juga saat membuat saus. Tambahkan 2-3 blok kaldu cube.

 

Terbukti kan kalau memasak itu gampang?

 

 

Baca juga:

Memilih Daging Siap Masak Dalam Sekejap

Memilih Daging Yang Siap Dalam Sekejap | SHUTTERSTOCK

6 Mitos Di Balik Daging Sapi

Mitos Di Balik Daging Sapi 5b | NOENG/COOKIN.ID

Hidup Sehat Tapi Tetap Bisa Makan Enak, Begini Caranya!

Hidup Sehat Tapi Tetap Bisa Makan Enak, Gimana Caranya? | DOK. COOKIN.ID

 

#dagingsapiaustralia