Sandwich, menu praktis, yang perlu sedikit aturan dasar untuk membuatnya. | SHUTTERSTOCK

4 Aturan Dasar Bikin Sandwich Buat Pemula, Bisa Langsung Praktik Buat Bekal Besok

author
Marti
Senin, 4 November 2019 | 17:45 WIB

Meskipun kelihatan gampang, bikin sandwich nggak sekadar menumpuk roti dan isian. Ada aturan dasarnya supaya sandwich kamu setidaknya acceptable. Kalau sudah paham, kamu bisa lebih kreatif lagi saat bikin sandwich. Ini dia 4 aturan dasar bikin sandwich buat pemula.

 

#1 Roti

Roti adalah bahan paling penting saat membuat sandwich. Sesuaikan roti dengan isian sandwich. Kalau isian sandwich cenderung berat dan basah, pilih roti yang agak keras dan padat (seperti roti gandum atau roti baguette yang dipotong melebar). Atau bisa juga memakai roti berkulit seperti tortilla.

 

Roti keras dan padat cocok untuk isian sandwich berat. | SHUTTERSTOCK

 

Isian berat di sini contohnya daging sapi atau ayam yang dimasak dulu sehingga bersaus. Basah juga bisa berasal dari sayuran. Kalau roti lembut dipakai untuk isian seperti ini, pasti roti seketika akan jadi lembek. Hasilnya, sandwich kamu nggak cuma tidak menarik tapi juga kurang enak.

Sebaliknya, roti yang lunak bisa dipakai untuk isian yang cenderung ringan dan kering seperti telur, keju atau smoked beef yang tipis. Supaya tidak terlalu lunak, panggang roti sebentar di toaster.

 

#2 Olesan

Olesan ada di urutan pertama saat membuat sandwich. Olesan pada roti memberi kelembaban dan kadang rasa creamy pada sandwich (tergantung jenis olesannya). Olesan bisa dipilih sesuai selera, seperti mayones, saus keju, saus bbq, mustard, saus tomat atau saus pesto.

 

Cream cheese bisa bikin sandwich jadi moist. | SHUTTERSTOCK

 

Oleskan ke seluruh permukaan roti agar lezatnya merata sekaligus menutup permukaan roti terhadap risiko basah dari bahan sandwich yang lain.

 

#3 Isian

Isian ada beragam. Mulai dari keju sampai daging sapi, ayam, sampai ikan. Letakkan isian langsung di atas roti yang sudah dioles olesan.

 

Fresh salmon juga bisa jadi isian sandwich selain daging sapi, daging ayam dan smoked beef. | SHUTTERSTOCK

Isian daging sapi sebaiknya dipotong dalam bentuk kubus/potongan kecil. Soalnya, bentuk irisan yang melebar atau memanjang akan lebih sulit digigit. Ini nggak berlaku kalau dagingnya jenis yang mudah digigit, seperti bacon atau smoked beef.

 

#4 Sayuran

Di atas isian, saatnya menaruh sesuatu yang segar, seperti sayuran. Pilih sesuai selera, yang paling umum adalah tomat, daun selada dan mentimun. Tapi kalau suka, kamu bisa juga pakai paprika, bawang bombay atau arugula.

 

Pencinta sayuran pun bisa bikin sandwich isi sayuran. | SHUTTERSTOCK

 

Iris tipis atau soebek-sobek sayuran dengan ukuran seragam supaya mudah digigit. Supaya sandwich nggak cepat basah, jauhkan posisi sayuran dari roti. Atau tambahkan sayur tepat ketika sandwich akan dimakan.

 

 

Simak juga:

Ini Rumus Resep Dasar Smoothies Enak Buat Pemula

Smoothies yang enak butuh rumus resep dasar yang tepat. | SHUTTERSTOCK

Mau Bikin Yang Enak dari Labu Kuning? Ini 6 Ide Yang Bisa Kamu Coba

Labu Kuning Panggang | SHUTTERSTOCK