Labu Kuning Panggang | SHUTTERSTOCK

Mau Bikin Yang Enak dari Labu Kuning? Ini 6 Ide Yang Bisa Kamu Coba

author
Marti
Jumat, 1 November 2019 | 16:08 WIB

 

Kita memang nggak merayakan Halloween, tapi bohong kalau nggak gemas saat melihat labu kuning dijual di pasar/supermarket. Pengin bikin sajian yang enak dari labu kuning? Ini 5 ide yang bisa kamu coba.

 

 

1. Pumpkin Spice Latte

Pumpkin Spice Latte | SHUTTERSTOCK
 

 

Bikin labu jadi minuman, kenapa enggak? Dengan susu dan krim, pumpkin spice latte ini nggak kalah enak dari minuman-minuman di kedai kopi yang biasa kamu beli. Bahan utamanya adalah kopi espresso, susu, bubuk rempah (kayumanis, jahe dan pala), puree labu, serta sirup pemanis.

 

Caranya juga nggak sulit. Hangatkan susu, bubuk rempah dan puree labu dan sirup. Kocok dengan frother sampai naik dua kali lipat. Tuang ke atas cangkir/mug, lalu tuang kopi espresso ke dalamnya. Taburi dengan bubuk rempah.

 

Bikin pumpkin spice latte yang praktis bisa lihat resepnya di sini.

 

2. Pumpkin Pie

Pumpkin Pie | SHUTTERSTOCK

 

Pai yang dibuat dari pumpkin adalah jenis yang dimasak bersama kulitnya. Untuk kulit tidak jauh beda dari jenis pai-pai lain. Dibuat dari tepung, butter/shortening dan garam. Cara membuat pie crust yang gurih bisa dilihat di sini.

 

Untuk adonan isian pai, puree labu dicampur dengan telur, krim kental (bisa dikombinasikan dengan susu caif), bubuk rempah (kayumanis, jahe, pala dan cengkeh), brown sugar dan sedikit tepung maizena.

 

Bisa diklik di sini untuk resep lengkap Pumpkin Pie.

 

3. Labu Kuning Panggang

Labu Kuning Panggang | SHUTTERSTOCK

 

Ini bisa jadi resep labu kuning yang paling gampang, Cukup iris-iris lalu panggang dalam oven. Labu panggang ini bisa kamu buat manis atau pun gurih.

 

Kalau manis, tambahkan gula palem atau brown sugar dan bumbu rempah. Kalau mau gurih, bisa juga. Tambahkan garam dan bumbu rempah atau dedaunan aromatik sesuai selera.

 

4. Pumpkin Bread

Pumpkin Bread | SHUTTERSTOCK

 

Meskipun namanya bread, tapi lebih tepat disebut sebagai cake kalau dilihat dari adonannya. Nggak jaug beda dari banana bread yang sudah lebih terkenal di sini.

 

Puree labu dikocok bersama gula, telur, dan minyak. Jangan lupa tambahkan baking powder, baking soda, bubuk rempah dan garam. Terakhir, masukkan tepung terigu.

 

Kalau mau mencoba membuat pumpkin bread, bisa lihat resepnya di sini.

 

5. Pumpkin Soup

Pumpkin Soup | SHUTTERSTOCK

Sup labu ini bisa jadi menu appetizer yang sederhana tapi tasty. Bikinnya pun nggak susah. Potongan labu direbsu bersama bawang putih dan bawang bombay sampai empuk. Lalu blender dan campurkan krim, garam dan merica di akhir. Sesederhana itu.

 

Bisa coba resep pumpkin soup di sini kalau kamu mau coba bikin.

 

6. Kolak Labu Kuning

Kolak Labu Kuning | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Kolak labu kuning nggak cuma pas disantap pas bulan puasa. Sehari-hari pun bisa jadi dessert yang spesial. Membuatnya nggak jauh beda dari kolak biasa.

 

Labu yang sudah dipotong-potong direbus bersama gula palem, gula pasir, garam, daun pandan dan kayumanis sampai empuk. Tambahkan kolang-kaling kalau suka. Masukkan santan di akhir hinggat mendidih.

 

Resep lengkap kolak labu kuning ada di sini.

 

Siap coba, Cookiners?

 

Simak juga:

4 Fakta Yang Perlu Kamu Tahu Di Balik Labu Halloween

Labu Oranye Nggak Bisa Dilepaskan dari Halloween Di Amerika. | SHUTTERSTOCK

 

Butuh Sajian Pembuka Lezat? Video Resep Corn Cream Soup Ini Bisa Jadi Pilihan Pas

Corn Cream Soup | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Ini Dia 5 Jenis Pie Favorit, Kamu Suka Yang Mana?

5 Pie Favorit | SHUTTERSTOCK