Pisang Bisa Bikin Tubuh Hangat, Sudah Tahu? | SHUTTERSTOCK

Ini Dia 7 Makanan Yang Bisa Bikin Badan Hangat Di Musim Hujan

author
Marti
Kamis, 5 Desember 2019 | 16:27 WIB

Musim hujan sudah datang. Ingin tubuh selalu hangat di tengah cuaca dingin? Selain makanan berkuah hangat, ini dia 7 makanan yang bisa bikin tubuh hangat lebih lama.

 

1. Makanan Pemicu Thermogenesis

Tenang, ini bukan makalah ilmiah yang pake istilah susah. Sederhananya, proses cerna makanan akan menaikkan suhu tubuh dan membuat kita merasa hangat. Makanan-makanan yang proses cernanya cenderung lebih lama akan membuat suhu tubuh hangat lebih lama. Proses naiknya suhu tubuh saat makanan diproses tubuh inilah disebut thermogenesis. Nggak sesulit itu, kan?

Gandum proses cernanya lebih lama dan kita juga kenyang lebih lama. | SHUTTERSTOCK

Nah, makanan dengan proses cerna lama ini bisa ditemukan di sumber karbohidrat, protein dan lemak yang sehat. Pilih karbo yang tidak banyak diproses dan punya serat tinggi (gandum). Ikan dan daging juga punya masa cerna lumayan lama. Lemak sehat bisa dijumpai di avokad, telur, dan kacang-kacangan.

 

2. Pisang

Pisang mengandung vitamin B dan magnesium, yang penting untuk bekerjanya kelenjar tiroid dan adrenal. Kelenjar-kelenjar ini berperan mengatur suhu tubuh. Coba makan pisang, deh, pasti tubuh jadi hangat!

 

3. Jahe

Jahe enak juga dibikin minuman dengan lemon. | SHUTTERSTOCK

Jahe bisa membuat tubuh seketika hangat dari dalam. Buat minuman jahe alami atau bisa juga dicampurkan ke dalam teh. Selain itu, jahe juga bisa menyingkirkan gas-gas dalam perut yang bisa menghambat proses cerna makanan.

 

4. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi dan kambing punya kandungan zat besi tinggi yang bisa membantu mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Orang yang kekuranan zat besi ini bisa cepat capek dan tangan dan kaki yang gampang dingin.

 

5. Minuman Berkafein

Kafein bisa mendorong metabolisme tubuh. Otomatis, dengan metabolisme yang lancar, suhu tubuh kita juga akan naik. Oh iya, es kopi punya kandungan kafein lebih tinggi dari kopi panas/hangat, lho!

 

6. Air Putih

Suhu dingin bikin orang malas minum? Bisa jadi. Tapi jangan salah, dehidrasi bisa terjadi di suhu panas atau pun dingin. Kadar air dalam tubuh menjaga tubuh berfungsi dengan normal, termasuk mengatur suhu badan. Jadi salah satu cara gampang menjaga tubuh tetap hangat adalah minum air putih.

 

Simak juga: