Garlic-Infused Oil, Salah Satu Cara Enak Mendapatkan Nutrisi Bawang Putih | SHUTTERSTOCK

5 Cara Mengonsumsi Bawang Putih, Makanan Pendorong Imunitas Tubuh

author
Marti
Rabu, 29 Januari 2020 | 16:44 WIB

 

Bawang putih termasuk makanan pendorong sistem imunitas tubuh. Ada banyak cara memasukkannya ke dalam makanan supaya tetap terasa enak sekaligus mendapatkan manfaatnya.

 

Saat musim flu menyerang, salah satu cara menghalaunya adalah memperkuat imunitas tubuh. Bukan rahasia lagi kalau bawang putih adalah salah satu makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Bawang putih punya kemampuan sebagai anti virus, anti bakteri dan anti jamur. Selain itu, kadar antioksidannya juga tinggi untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit selular seperti kanker, jantung, dan alzheimer.

Tapi seberapa pun besar manfaatnya, sulit menyantap bawang putih dalam kondisi mentah. Rasa dan aromanya memang sangat kuat. Di bawah ini ada cara mengonsumsi bawang putih yang enak di lidah tapi tidak mengurangi manfaatnya.

 

1. Tumisan Sayur

Sebagai orang Indonesia, ini pasti cara paling gampang dan reguler dalam mengonsumsi bawang putih. Soalnya, bawang putih seketika bisa menaikkan rasa tumisan tanpa perlu penguat rasa. Klop, kan?

Bayam tumis bawang putih ini minimalis tapi dijamin enak. | SHUTTERSTOCK

 

2. Infused Oil

Istilah infused water mungkin sudah nggak asing lagi. Nah, yang ini namanya infused oil, yaitu minyak yang diberi bahan tertentu untuk menambah rasa. Selain cabe dan dedaunan aromatik, bawang putih juga bisa dipakai untuk membuat infused oil.

Garlic-Infused Oil, Salah Satu Cara Enak Mendapatkan Nutrisi Bawang Putih | SHUTTERSTOCK

Caranya, tumis lebih dulu bawang putih sebentar dalam sedikit minyak yang kemudian dicampur ke dalam minyak yang lebih banyak. Infused oil ini bisa dimasukkan ke dalam tumisan, sup atau juga bisa jadi cocolan roti panggang atau olesan bruschetta.

 

3. Mashed Potato

Suka bikin mashed potato alias kentang tumbuk untuk teman steak? Selain butter, krim dan susu, tambahkan juga bawang putih ke dalamnya. Cukup masukkan tumisan bawang putih ke dalam air perebus kentang.

Tambahkan bawang putih ke dalam mashed potato. | SHUTTERSTOCK

 

4. Salad Dressing

Suka bikin salad dressing sendiri di rumah? Apa pun jenis salad dressing-nya, dari yang berbasis oil sampai krim/yoghurt, bisa ditambahkan bawang putih tumbuk. Dijamin lebih gurih!

Apa pun dressing salad-nya, tambahkan bawang putih. | SHUTTERSTOCK

 

5. Bumbu Pesto

Kalau kamu suka makan pasta dengan saus bolognese, saatnya banting stir ke saus pesto. Saus pesto ini adalah kombinasi daun basil, kacang pinus/mede dengan bawang putih dan keju.

Saus pesto, variasi saus untuk menyantap pasta. | SHUTTERSTOCK

 

Kamu ada ide lain?

 

Simak juga:

Kitchen Library Ini Bisa Meminjamkan Alat Masak Apa Pun, Tertarik?

Alat dan Perangkat Memasak Apa Pun Ada Di Carlton Kitchen Libabry | SHUTTERSTOCK

Cara Gampang Bikin Dressing Salad Yang Enak, Pasti Segar dan Lebih Hemat!

Dressing mana yang kamu suka? | SHUTTERSTOCK

Tips Menyiapkan Stok Makanan Darurat Untuk Bencana

Tips menyiapkan stok makanan darurat bencana | SHUTTERSTOCK