Poutine, kentang goreng dengan gravy sauce ala Kanada. | SHUTTERSTOCK

Ini Cara Makan Kentang Goreng di 8 Negara Yang Berbeda

author
Marti
Senin, 17 Februari 2020 | 17:18 WIB

 

Bukan cuma dengan saus tomat atau mayones, kentang goreng ternyata disantap dengan cara berbeda-beda di berbagai negara. Ini cara makan kentang goreng di 8 negara yang berbeda.

 

Kentang goreng selalu jadi favorit di mana pun. Tapi, nggak semua orang di dunia menyantapnya dengan dicocol saus tomat, saus tomat pedas atau mayones. Ini dia cara orang-orang di 8 negara menyantap kentang goreng.

 

Kanada: Dengan Gravy Sauce

Di negeri yang terletak di benua Amerika bagian utara ini, kentang goreng dikenal dengan nama poutine (baca: putin). Pertama populer di propinsi Quebec, poutine disajikan bersama potongan keju lunak dan saus brown gravy. Saus ini dibuat dari kaldu ayam dan atau sapi dengan cita rasa asin dengan sedikit sentuhan merica.

Gravy sauce dari kaldu daging yang jadi topping poutine. | SHUTTERSTOCK
 

 

Inggris: Nggak Terpisahkan Dari Fish 'n Chips

Kentang goreng biasa disajikan bersama filet ikan goreng, yang lebih terkenal dengan sebutan fish and chips. Gravy sauce biasa dituang di atas kentang. Sementara di beberapa bagian di Inggris ada juga cocolan berupa kacang hijau yang direbus lalu ditumbuk kemudian dibumbui garam dan merica.

Fish 'n chips khas Inggris lengkap dengan kentang goreng dan mushy peas. | SHUTTERSTOCK

 

India: Khas Dengan Bumbu Masala

Setelah digoreng dan ditiriskan, kentang goreng yang biasa disebut finger chips ini biasanya dicampurkan ke dalam bumbu yang terdiri dari bumbu masala (campuran bumbu khas India), kunyit bubuk dan cabai. Nggak heran kalau rasanya sangat unik dan khas India.

 

Spanyol:

Saus tomat sangat dominan dalam masakan Spanyol. Saat menyajikan kentang goreng pun, dipakai saus tomat bersamaan dengan mayones. Tapi bukan saus tomat botolan seperti di sini ya. Saus tomat khas Spanyol dimasak dengan sejumlah bumbu. Oh iya, kentang goreng di Spanyol biasa disebut patatas bravas.

Patatas bravas khas Spanyol dalam kemasan tapas (camilan) | SHUTTERSTOCK

 

Korea

Kalau sebagian besar kentang goreng dimakan dengan bumbu atau saus gurih, maka beda di Korea. Manisnya madu jadi salah satu drizzle alias taburan di atas kentang goreng, bersama dengan mentega yang asin.

 

Rusia

Di Rusia, potongan kentang goreng dimasak dalam wajan dengan sedikit minyak. Setelah 10-15 menit, kentang matang lalu dimasukkan potongan bawang bombay. Kentang goreng ala Rusia ini dinamakan Kartofel’ Fri

 

Jepang

Furaido potato, begitu nama kentang goreng di Jepang. Kentang digoreng seperti biasa lalu ditaburi campuran seaweed, bawang putih dan wijen dalam bentuk bubuk.

 

Afrika Selatan

Kentang goreng khas di Afrika Selatan ini dinamakan slap chips. Unik karena sebelum digoreng direndam dalam larutan cuka putih. Setelah digoreng pun masih dikucuri oleh cuka putih.

 

Tertarik untuk coba, Cookiners?

 

Simak juga:

Tambahkan 7 Bahan Ini Ke Dalam Brownies Kamu, Pasti Makin Cihuy!

Marshmallow dalam brownies, kenapa nggak? | SHUTTERSTOCK

7 Makanan Sehari-Hari Ini Bisa Dibuat Dengan Bentuk Hati, Lho!

Sushi ini bisa dibentuk dengan cetakan kukis. | SHUTTERSTOCK

Bikin Pizza Rumahan Kamu Jadi Variatif Dengan Pizza Bianca

Pizza Quattro Formaggi, salah satu varian pizza bianca dasar dengan 4 jenis keju. | SHUTTERSTOCK