Pizza Quattro Formaggi, salah satu varian pizza bianca dasar dengan 4 jenis keju. | SHUTTERSTOCK

Bikin Pizza Rumahan Kamu Jadi Variatif Dengan Pizza Bianca

author
Marti
Jumat, 7 Februari 2020 | 17:03 WIB

 

Biasa bikin pizza rumahan? Biar variatif, saatnya bikin versi tanpa saus tomat. Ini dia yang perlu kamu tahu soal pizza bianca.

 

Kalau bosan dengan base saus tomat di atas pizza yang kamu bikin di rumah, ada, lho variasi pizza lain. Biasa disebut pizza bianca alias pizza putih.

Putih di sini mengacu ke warnanya yang putih, bukan merah, seperti kalau kita menggunakan olesan saus tomat. Putih adalah warna pizza setelah keju yang ditaruh di atasnya meleleh. Penyuka pizza putih bilang, tanpa saus tomat, rasa asli dari topping jadi lebih keluar. 

 

Pizza Bianca Dasar

Pizza putih paling dasar biasanya cuma memakai keju mozzarella dan atau keju ricotta (atau keju lain sesuai selera), daun oregano, dituang 1-2 sendok olive oil lalu ditabur garam, lada, dan keju parmesan.

Setelah dipanggang, keju akan meleleh dan menutupi seluruh permukaan pizza dengan warna putih. Rasanya yang creamy namun ringan cocok buat kamu yang suka pizza polos.

 

Topping Tambahan

Tentu saja, pizza bianca masih bisa ditambah topping lain selain yang di atas. Sebenarnya nggak ada batasan topping apa saja yang paling pas. Tapi memang tidak semua topping yang biasa ditaruh di pizza merah bisa ditaruh di atas pizza putih.

Pizza bianca dengan bayam dan keju ricotta. | SHUTTERSTOCK

Beberapa yang sudah terbukti enak misalnya jamur, ayam, bayam, bawang bombay, asparagus, brokoli dan kerang putih. Tapi kalau kamu mau bereksperimen juga nggak ada yang melarang. Jangan lupa santap pizza putih selagi masih hangat agar lezatnya maksimal.

 

Coba, yuk!

 

Simak juga:

Brownies yang Cakey, Fudgy, dan Chewy, Apa Saja Cirinya?

Mana brownies yang terbaik? Semuanya tergantung selera. | SHUTTERSTOCK

Saatnya Mulai Konsumsi 7 Makanan Kaya Antioksidan Pencegah Kanker Ini

Goji berry segar, cikal bakal versi kering yang biasa kita lihat. | SHUTTERSTOCK

10 Fakta Taiyaki atau Bungeo-ppang, Si Kue Bentuk Ikan Yang Lagi Disuka

Taiyaki, si kue ikan dari Jepang | SHUTTERSTOCK