Soft-boiled egg ini bisa dicapai setelah merebus -5-6 menit. | SHUTTERSTOCK

Durasi dan Teknik Merebus Telur Ternyata Berpengaruh Ke Hasilnya

author
Marti
Selasa, 18 Februari 2020 | 18:02 WIB

 

Kamu lebih suka telur rebus yang lunak atau keras? Ada beberapa durasi merebus telur yang membedakan hasil akhirnya.

 

Apa susahnya memasak telur rebus? Tinggal masukkan ke dalam air, tunggu mendidih lalu angkat.

Tapi sebenarnya, hasil telur rebus tergantung dengan durasi merebusnya. Dalam rentang waktu 7-13 menit, hasilnya bisa berbeda-beda.

Hasil yang mana yang kamu suka? Pastinya sesuai selera. Tapi juga bisa tergantung jenis makanan lain yang mau dimakan bersama si telur.

Sebelum merebus telur, perlu ingat beberapa hal mendasar, nih, Cookiners.

 1. Jumlah air harus merendam keseluruhan jumlah telur yang direbus.

 2. Air bisa direbus tersendiri dulu. Didihkan lalu kecilkan apinya, baru masukkan telurnya perlahan dengan memakai sendok sayur bergagang panjang. Hati-hati jangan sampai telur terjatuh ke dalam wajan karena bisa membuat kulitnya retak.

 3. Telur juga bisa dimasukkan bersama air dingin sebelum dididihkan. Tapi ingat, durasi merebus baru dimulai saat air mulai mendidih, ya.

 4. Saat air mulai mendidih, pastikan apinya tidak terlalu besar dan membuat air bergolak karena ini bisa membuat kulit telur retak.

 5. Setelah telur matang, langsung masukkan ke dalam air dengan es batu untuk menghentikan proses memasaknya. Telur yang terlalu matang memang tidak berbahaya tapi teksturnya bisa jadi a lot dan keras.

 

Nah, ini dia hasil telur menurut durasi rebusnya. Jangan lupa siapkan timer saat merebus.

 

6 Menit

Bagian putih telur sudah set tapi lunak. Sementara bagian kuning telurnya masih berupa cairan kental. Jenis telur seperti ini enak dicocol roti panggang saat sarapan. Pastikan saja telurnya masih fresh. Tapi telur yang masih dianggap belum matang ini tidak disarankan untuk anak kecil dan orang yang mudah alergi.

Bagian kuning telur yang masih kental ini asyik dicocol roti panggang. | SHUTTERSTOCK

 

8 Menit

Bagian putih telur sudah lebih keras tapi bagian kuning telurnya sudah tidak berupa cairan kental lagi tapi masih sangat lembut. Ini cocok dimakan bersama ramen (atau mi instan) dan salad.

Di ramen biasa dipakai telur dengan kuning telur masih ekstra lembut ini. | SHUTTERSTOCK
 

 

10 Menit

Baik putih telur maupun kuning telur sudah matang meskipun teksturnya lunak. Bisa dimakan begitu saja, ditaruh dalam salad atau diiris untuk ditaruh di atas roti atau sandwhich.

Telur matang sempurna tapi masih lunak teksturnya.. | SHUTTERSTOCK

 

12 Menit

Hasilnya telur matang sempurna dan sangat solid. Istilahnya adalah hard-boiled egg. Bisa dimakan begitu saja, dijadikan bekal atau juga dicincang untuk dibuat salad telur dengan dressing mayones.

Hard-boiled egg bisa dicincang jadi salad telur. | SHUTTERSTOCK

 

Siap bereksperimen, Cookiners?