Baking Soda & Baking Powder | MONTY/ COOKIN.ID

Beda Baking Powder dan Soda Kue

author
Semy
Senin, 2 Agustus 2021 | 13:21 WIB

 

Nah, Ini pertanyaan yang sering banget kita dengar? Apa sih, bedanya? Yuk, kita bahas satu per satu, ya.

SODA KUE

Soda kue adalah natrium bikarbonat. Biasanya ditambahkan ke dalam adonan kue yang dioven. Soda kue, juga dikenal sebagai soda bikarbonat atau natrium bikarbonat, adalah zat ragi kimia yang biasa digunakan dalam makanan yang dipanggang. 

 

Cara Kerjanya

Karena baking soda termasuk golongan basa, maka ketika bertemu golongan asam, maka terciptalah gas karbon dioksida sehingga pH menjadi netral. Sehingga cake mengembang sempurna sebab cake bisa mengembang kalau pH nya dibuat netral. Apa saja, sih yang termasuk asam itu? Butter milk, gula merah, jus lemon, yogurt, madu, dan cokelat. Penambahan bahan tadi akan menghambat pengembangan kue jika tidak ditambahkan baking soda. Satu hal yang kamu ingat, baking soda hanya akan bereaksi bila berada di dalam cairan, 

Kalau begitu, boleh dong, demi kue yang mengembang, kita tambahkan banyak baking soda?Wah, jangan, dong karena kalau kebanyakan akan terdapat sisa baking soda yang tidak tercampur bahan asam. Sisanya itu yang membuat kue jadi pahit dan terasa sabun. 

 

BAKING POWDER

Lanjut ke baking powder. Tak heran kalau orang bingung terhadap baking powder dan baking soda karena keduanya memang berasal dari bahan yang sama. Bedanya di dalam baking powder ada tambahan cream of tartar. 

Baking Powder | MONTY/COOKIN.ID

 

2 Jenis Baking Powder

Baking powder double acting dan baking powder single acting. Baking powder double actiong, dua kali kerja. Kerja pertama ketika baking powder bersentuhan dengan asam atau larutan. Kedua ketika dipanaskan pada suhu tinggi. Baking poswder single acting, bekerja ketika bersentuhan dengan asam atau larutan. 

 

Baking Powder & Baking Powder | MONTY/COOKIN.ID

Penggunaan Baking Powder

Baking powder digunakan dalam resep yang tidak memerlukan penambahan bahan asam. Misalnya, dalam adonan kukis. Karena bersentuhan dengan cairan di dalamadonan, maka baking powder menjalankan fungsinya sebagai pengembang.  

 

BISAKAH SALING MENGGANTIKAN?

1. Pada resep menggunakan baking soda, bisa digantikan baking powder asal jumlahnya dilipat gandakan (3-4 kali lipat)

2. Pada resep digunakan baking powder, bisa diganti baking soda kalau di dalamnya ada bahan asam. Bila tidak, tambahkan bahan golongan asam. 

3. Ingat juga, ketika mengganti baking powder dengan baking soda, maka harus ditambahkan garam.

 

BISAKAH DIPAKAI DUA-DUANYA?

Bisa. Apa gunanya menambahkan kedua bahan ini?

1. Untuk membuat adonan lebih mengembang lagi. Baking soda mengembang akibat bereaksi dengan asam. Baking powder bekerja hanya karena terkena cairan.

2. Untuk menciptakan warna kue yang lebih gelap.

 

 

Simak juga: