Cara Makan Salah Yang Harus Dihindari | Shutterstock

Cara Makan Salah Yang Harus Dihindari

author
Semy
Jumat, 23 Juli 2021 | 15:19 WIB

Hidup sehat bukan hanya memperhatikan apa yang kita asup. Cara makan juga harus jadi perhatian, lho. Karena sering cara makan kita membawa dampak buruk pada kesehatan. Nah, ini cara makan salah yang kamu wajib tahu. 

 

1. Makan dengan Piring Besar

Piring besar otomatis membuat kita makan lebih banyak karena mengira makanan yang kita ambil terlalu sedikit. Selain piring besar, makan langsung dari wadah kemasan juga membuat kita sulit mengukur porsi makan yang tepat. 

2. Makan di Malam Hari

Sudah berniat tidur, sudah pula gosok gigi, tiba-tiba kepingin makan lalu membongkar isi kulkas. Seringkah kamu lakukan itu? Mulai sekarang camkan di dalam benak kamu, dapur dan kulkas tutup mulai pukul 7 malam.

3. Ngemil Tanpa Akhir

Kalau ngemilnya sayuran seperti wortel, brokoli, dan seledri, sih masih ok. Tapi umumnya kalau ngemil, kita cari keripik atau kacang, kan. Nah, ini yang tidak boleh dilakukan tanpa batas waktu. Sedikit dan terukur, itulah yang harus kamu ingat ketika ingin ngemil makanan “terlarang”.

4. Skip Sarapan

Tidak sarapan hanya membuat kamu makan lebih banyak di siang hari. Kalau takut mengasup berlebihan di pagi hari, coba sediakan apel atau yogurt. Menyantap sebuah apel atau segelas yogurt tidak akan membuat berat badan kamu naik.

5. Makan Emosional

Selalu ada hari-hari mengesalkan dan hari-hari melelahkan. Dan keduanya tidak pantas diganjar dengan ½ liter es krim atau 3 buah cinnamon roll. Tahu nggak, berjalan kaki adalah jalan keluar paling jitu dalam mengatasi stress.

6. Makan Terlalu Cepat

Kenapa kita tidak boleh makan cepat-cepat? Otak selalu memberi sinyal kenyang kepada perut kita. Tetapi sinyalnya datang  15-20 menit setelah kita makan. Nah, kalau kamu makan cepat-cepat, dalam tempo 10 menit sepiring besar nasi habislah sudah lalu kamu menyendok tambahannya karena sinyal dari otak masih di perjalanan menuju perut. 

 

 

Simak juga:

Awas! Makanan Ini Turunkan Imunitas Kamu

Mitos di Balik Makanan Sehat

Makan Sebelum Tidur Bikin Gemuk, Fakta Atau Mitos?