Berapa Kali Mencuci Beras Yang Benar? | Shutterstock

Berapa Kali Mencuci Beras Yang Benar?

author
Semy
Senin, 2 Agustus 2021 | 15:41 WIB

 

Nah, ini pertanyaan yang sangat bagus. Berapa kali sebaiknya kita mencuci beras? Apakah berapa kali mencuci beras mempengaruhi hasil jadi beras? Mari simak.

 

Ada beberapa pendapat mengenai cara mencuci beras.

1. Beras dicuci sampai air cuciannya jernih

Alasan pertama adalah untuk mendapatkan beras yang benar-benar bersih sehingga tidak jijik. 

Alasan kedua, beras yang dicuci sampai air cuciannya jernih, biasanya lebih tahan lama dan anti bau. Alasan lainnya, lapisan putih yang menyelimuti beras akibat proses penggilingan akan membuat nasi jadi lengkat dan kurang enak dimakan. 

2. Beras dicuci hanya 1-2 kali

Alasannya agar vitamin B yang ada pada permukaan beras tidak larut terbawa air cucian. Alasan lain, bisa saja beras menjadi patah-patah sehingga tidak cantik penampakannya.

 

Kedua pendapat di atas bisa jadi betul keduanya tergantung dari nasi seperti apa yang ingin dihasilkan. Yang bersih sempurna dan tahan lama atau yang masih bervitamin? Atau keduanya sehingga mencuci dilakukan lebih dari 2 kali tetapi tak sampai airnya jernih. 

 

BERAS BERWARNA

Beras berwarna lain lagi. Cukup dicuci 1-2 kali karena beras berwarna tidak mengalami proses penggilingan untuk mengelupaskan kulitnya sehingga taka da lapisan putih yang menyelimutinya yang perlu dibersihkan. 

 

 

 

Simak juga: