Mangga, buah populer di Indonesia | Shutterstock

Mengenal 10 Jenis Mangga Lezat yang Populer di Indonesia

author
Ruth Sinambela
Kamis, 16 September 2021 | 14:36 WIB

 

Salah satu keberuntungan tinggal di negara tropis adalah, kita punya banyak jenis buah-buahan eksotis yang lezat dan punya segudang manfaat untuk tubuh. Menariknya lagi, bahkan satu jenis buah saja, bisa memiliki begitu banyak varian atau ragam yang bentuk, warna, tekstur, dan rasanya berbeda-beda.

Kali ini, yuk absen satu per satu, sepuluh jenis mangga yang ada di sekitar kita. Apakah kamu sudah pernah mencoba semuanya? Seperti apa, sih, masing-masing perbedaannya?

 

Baca juga: Memperlambat Buah Jadi Terlalu Matang

 

  1. Mangga Harumanis

Siapa, sih, orang Indonesia yang tidak kenal dengan jenis mangga satu ini? Mangga arum manis memiliki bentuk lonjong dengan ujung yang meruncing. Daging buahnya berwarna kuning dan teksturnya cukup lunak jika sudah matang. Mangga ini cukup populer dan disukai banyak orang, karena rasanya yang manis dan mudah didapat dengan harga terjangkau

  1. Mangga golek

Jenis mangga yang satu ini diberi nama seperti jenis wayang karena golek sendiri memiliki arti “mencari”. Filosofinya, jika seseorang pernah mencicipi mangga golek, pasti akan mencarinya lagi dan lagi karena rasanya yang enak. Di Indonesia, mangga ini berasal dari Probolinggo dan Pasuruan.

  1. Mangga apel

Jadi, mangga atau apel, sih? Jawabannya mangga, namun bentuknya menyerupai buah apel yang cenderung bulat, dan berwarna kemerahan saat sudah matang. Oleh sebab itu, diberi nama mangga apel. Saat matang, mangga apel memiliki aroma yang sangat sedap, namun untuk rasanya justru tidak terlalu manis. Sedangkan saat mashi mentah, rasa asam pada mangga apel cukup segar sehingga sering dijadikan rujak.

  1. Mangga manalagi

Ukuran dan bentuknya menyerupai mangga madu, sedangkan rasanya mirip perpaduan mangga golek dan harumanis. Unik juga, ya, mangga yang satu ini. Ciri-ciri mangga yang satu ini adalah berwarna hijau muda dan agak kekuningan. Kecil dengan kulit tebal, manis dan punya banyak penggemar.

  1. Mangga madu

Seperti namanya, mangga yang satu ini rasanya manis seperti madu. Ukurannya tidak terlalu besar seperti berbagai jenis mangga lainnya, namun ketika sudah matang, warnanya mirip dengan berbagai jenis mangga pada umumnya, yaitu kuning dan agak oranye.

 

 Baca juga: Cerdas Berbelanja di Supermarket

 

  1. Mangga gedong gincu

Mangga yang ukurannya cukup kecil ini, banyak dibudidayakan di Majalengka dan Cirebon. Dari namanya, banyak yang percaya bahwa mangga ini adalah buah kesukaan bangsawan yang rumahnya ‘gedong’ atau mewah bak gedung bertingkat. Oh ya ada warna merah pada kulit mangga yang satu ini, dari situlah nama gincu didapat.

  1. Mangga falan

Nama aslinya adalah Mangifera Indica, dan berasal dari negara Thailand. Namun, saat ini banyak petani Indonesia tengah membududayakan jenis mangga yang satu ini. Warna hijau tua, bahkan saat telah cukup matang. Rasanya manis, sedangkan teksturnya sedikit garing saat dimakan.

  1. Mangga cengkir indramayu

Indramayu terkenal dengan mangga yang manis. Mangga cengkir memiliki ukuran yang cukup besar dengan daging tebal. Ada beberapa jenis mangga asal Indramayu lainnya, namun mangga cengkir  yang memiliki rasa paling manis dibanding yang lainnya.

  1. Mangga alpukat

Jika mangga apel mirip apel, mangga alpukat tentu saja mirip alpukat. Tapi jangan salah ,ya, buah ini bukan hasil silang mangga dengan buah alpukat, kok. Tidak hanya bentuknya yang mirip, cara membuka mangga yang satu ini juga seperti alpukat. Yaitu dibelah mengelilingi bijinya kemudian diputar hingga terpisah.

  1. Mangga garifta merah

Dari namanya saja sudah ketahuan kalau pasti ada unsur warna merah dari jenis mangga yang satu ini. Mangga lokal ini cukup terkenal dan berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Rasanya sangat manis sehingga tidak heran kalau saat ini, banyak pecinta buah yang menggembar-gemborkan jenis mangga satu ini.

Jadi, mangga mana saja yang sudah pernah kamu makan, dan jenis mana yang paling kamu suka?

 

Baca juga: Lima Manfaat Lemon ini Bikin Kamu Lupa pada Rasa Asamnya