Karbohidrat bisa didapat dari berbagai jenis makanan selain nasi | Shutterstock

Mau Diet Karbo? Ganti Nasi dengan 5 Makanan Ini

author
Ruth Sinambela
Jumat, 17 September 2021 | 11:02 WIB

 

Setiap orang pasti ingin sehat dan memiliki bentuk tubuh ideal. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keduanya adalah dengan melakukan diet sehat. Dalam program diet, defisiensi kalori adalah sesuatu yang lumrah. Kita mengatur jumlah dan jenis makanan jadi lebih rendah kalori, untuk menurunkan berat badan.

 

Nah, sudah tahu kan kalau nasi adalah salah satu jenis makanan sumber karbohidrat yang paling umum di Indonesia? Tidak ada yang salah dengan mengonsumsi nasi. Namun jika kamu ingin lebih cepat mengalami penurunan berat badan saat diet, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi, atau mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain yang lebih rendah kalori, rendah gula, dan tinggi serat. Apa saja sih sumber karbohidrat pengganti nasi yang baik untuk dipilih?

 

Baca juga: Butuh Alternatif Karbo Enak Untuk Bikin Bekal? Coba Udon Siram Ini!

 

1. Kembang kol

Kaya nutrisi dan rasanya cukup mirip dengan nasi. Kalorinya sangat rendah sehingga kamu tetap bisa memakannya dalam jumlah yang sama seperti saat kamu makan nasi, namun tanpa rasa khawatir kegemukan.

 

2. Shirataki

Shirataki dibuat dari glucomannan, jenis serat yang didapat dari akar tanaman konnyaku. Konnyaku sendiri adalah jenis pangan yang sangat cocok untuk diet karena rendah kalori dan tinggi serat. Coba deh ganti nasi dengan shirataki saat ingin menurunkan berat badan.

 

Baca juga: Ingin 2020 Lebih Sehat? Yuk, Coba Olah Kembang Kol Si Pengganti Karbo

 

3. Quinoa

Quinoa atau biji gandum juga mulai populer jadi pengganti nasi putih. Kadar fitonutrien dalam quinoa jumlahnya sangat tinggi. Nutrisi ini berguna untuk melindungi diri dari peradangan dan mampu membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Wah, gak hanya baik untuk diet, tapi juga baik untuk Kesehatan tubuh secara umum.

 

4. Sukun

Mungkin kamu lebih familiar dengan kentang sebagai pengganti nasi daripada tanaman pangan yang satu ini. Padahal sukun disebut-sebut sebagai sumber energi masa depan, lho. Mungkin karena satu buah sukun berukuran besar bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat satu keluarga yang terdiri dari 5 orang! 

 

5. Oatmeal

Dibandingkan shirataki, oatmeal adalah sumber karbohidrat komplek yang sudah cukup lama dipilih orang untuk menggantikan posisi nasi. Oatmeal tinggi serat sehingga mampu membuatmu kenyang lebih lama. Oatmeal juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan mengontrol kadar gula darah.

 

Itu dia lima rekomendasi sumber karbohidrat yang bisa kamu pilih untuk menggantikan nasi saat ingin diet sehat dan mencapai berat badan ideal. 

 

Baca juga: Shirataki Salmon Mentai, Menu Diet Rendah Karbo Yang Superenak