Kembang Kol Panggang Enak dan Gampang Dibuat | SHUTTERSTOCK

Ingin 2020 Lebih Sehat? Yuk, Coba Olah Kembang Kol Si Pengganti Karbo

author
Marti
Selasa, 7 Januari 2020 | 18:21 WIB

 

Kurangi karbo, perbanyak sayur. Ngomongnya gampang, tapi susah dipraktekin. Tapi kalau kamu tahu cara mengolah kembang kol, bisa jadi alternatif pengganti karbo, lho!

 

Ingin makan lebih sehat bisa jadi ada di daftar resolusi hampir semua orang di tahun 2020 ini. Salah satunya adalah mengurangi konsumsi karbo. Salah satu alternatif pengganti yang lumayan jadi tren di dunia kuliner adalah kembang kol alias cauliflower.

 

Selain warnanya yang mirip nasi, tekstur kembang kol yang sudah matang juga empuk. Dalam satu cangkir nasi ada 218 kalori, maka kembang kol hanya 25 saja. Belum lagi sayuran satu ini juga mengandung banyak vitamin dan serat.

 

Dalam tradisi masakan Indonesia, kembang kol biasa dijadikan tumisan dengan aneka campuran. Tapi sebenarnya, banyak cara mengolah kembang kol supaya nggak melulu dijadikan tumisan. Ini dia beberapa di antaranya.

 

Kembang Kol Panggang

Banyak sayuran yang ternyata enak kalau dipanggang, lho. Salah satunya adalah kembang kol ini. Setelah dipotong dan dibersihkan, aduk kembang kol bersama olive oil dan rempah/herbs favorit kamu plus garam. Bisa juga tambahkan keju parmesan kalau suka. Taruh di loyang lalu panggang hingga kecokelatan.

 

Kembang Kol Kukus

Siangi brokoli dengan potongan kecil atau sesuai selera lalu kukus selama 3-8 menit. Angkat kalau keempukannya sudah sesuai selera kamu. Kembang kol kukus ini bisa dimakan langsung (dengan tambahan minyak zaitun/mentega, garam dan merica). Bisa juga dichop/blender untuk dijadikan makanan lain.

Keju Bisa Menaikkan Rasa Kembang Kol Kukus | SHUTTERSTOCK

 

Puree Kembang Kol

Nama kerennya mashed cauli flower, terinspirasi dari mashed potato. Caranya, blender kembang kol yang sudah matang (dipanggang atau dikukus tadi). Campurannya bisa yang biasa kamu buat dalam mashed potato seperti kaldu, krim, mentega, garam dan bawang putih). Hati-hati saat memasukkan air karena kembang kol tidak berpati seperti kentang sehingga tidak terlalu menyerap air.

Mashed Cauli Flower Alias Puree Kembang Kol | SHUTTERSTOCK

 

Steak Kembang Kol

Kalau sayur sering jadi makanan sampingan alias side dish, maka di sini langsung naik kelas jadi makanan utama. Syaratnya, pilih kembang kol yang ukurannya besar atau lebar.

Singkirkan daunnya, potong bonggolnya, lalu iris dengan ketebalan 1,5 – 2 cm. Mungkin ada bagian luar yang rontok, simpan untuk dikukus/dipanggang.

Ini Dia Tampilan Steak Kembang Kol | SHUTTERSTOCK

Lumuri potongan ‘steak’ ini dengan campuran minyak zaitun dan herbs kesukaan kamu, lalu panggang di atas pan api sedang selama 5 menit untuk masing-masing sisi.

 

Mau coba yang mana dulu, nih, Cookiners?

 

 

Baca juga:

Ini Alasan Tinta Cumi Bikin Makanan Jadi Lebih Gurih

Tinta Cumi Bisa Bikin Risotto Lebih Gurih | SHUTTERSTOCK

5 Fakta Oat Milk, Susu Gandum Yang Makin Populer

Oat Milk, Salah Satu Alternatif Susu Dari Tumbuhan | SHUTTERSTOCK

Bubur Nasi Versi Mancanegara Ini Bisa Kamu Bikin Di Rumah

Asia jagonya bubur nasi, danjuk ini salah satunya. | SHUTTERSTOCK