Bawang goreng | Shutterstock

5 Langkah Bikin Bawang Goreng Renyah Anti Gagal

author
Ruth Sinambela
Jumat, 24 September 2021 | 08:51 WIB

Mungkin Cookiners kurang memerhatikan keberadaan pelengkap makanan yang satu ini. Tapi, sadar atau tidak, bawang goreng benar-benar bisa menambah cita rasa makanan jadi lebih nikmat dan gurih. Setuju kan?

Makan nasi goreng, mi instan, bakso, mie ayam, soto, sop, berbagai menu sayur berkuah, semuanya belum lengkap tanpa kehadiran bawang goreng. 

Nah, kalau biasanya Cookiners beli bawang goreng yang sudah jadi dan siap makan, gak ada salahnya sesekali coba membuat sendiri di rumah. Yuk simak dulu tips dan langkah membuat bawang goreng berikut ini, supaya kamu akan siap menghasilkan bawang goreng terbaik!

 

Langkah pertama: pilih bawang merah besar

Kesuksesan membuat bawang goreng renyah dan nikmat dimulai dari pemilihan bawang merah sebagai bahan bakunya. Ukuran bawang merah yang besar adalah pilihan terbaik. Kamu juga wajib memastikan bawang merah dalam keadaan segar dan kering agar hasilnya bagus setelah digoreng.

Langkah dua: rendam dengan air garam

Ya, Cookin gak sedang salah urutan dalam memberitahumu langkah membuat bawang goreng. Setelah memilih bawang ukuran besar, kamu hanya perlu membersihkannya dan langsung merendam bawang merah dengan air garam dalam keadaan utuh. Merendam bawang merah setelah diiris dapat mengurangi aroma bawang.

Langkah ketiga: iris tipis

Nah, setelah merendam bawang merah dalam keadaan utuh, barulah kamu dapat mengirisnya. Bagian yang satu ini mengandung air mata. Namun sesulit apapun menahan pedihnya berurusan dengan bawang merah hingga membuatmu menangis, pastikan kamu mengirisnya setipis mungkin ya Cookiners. Jika kesulitan, kamu bisa menggunakan slicer.

Langkah keempat: tambahkan tepung maizena

Satu kilo bawang hanya memerlukan satu sendok makan tepung maizena dan tidak lebih. Campur rata dan diamkan beberapa saat. Tepung maizena membuat bawang goreng jadi lebih renyah.

Langkah kelima: tiriskan bawang

Tentu saja sebelum digoreng bawang merah harus ditiriskan dari air rendamannya. Setelah itu, bawang merah juga perlu didiamkan selama satu hingga dua jam.

 

Setelah mengikuti lima langkah di atas, bawang merah siap digoreng! Gunakan minyak yang cukup banyak supaya nantinya bawang merah dapat terendam. Oh ya, jangan goreng bawang dalam jumlah banyak sekaligus karena hasilnya tidak akan sebagus kalau kamu menggoreng sedikit demi sedikit. Terakhir, pastikan kamu menggunakan api kecil saat menggoreng agar bawang merah tidak cepat gosong.

Jika bawang merah sudah berubah jadi warna keemasan, segera angkat, tiriskan di wadah yang telah dilapisi tissue dapur sehingga menyerap minyak, dan biarkan dingin dengan sempurna sebelum disimpan dalam wadah kedap udara.

 

Simak juga:

Tips Menggoreng Makanan agar Lebih Sehat

Tips Bikin Rawon Yang Lembut Dengan Bumbu Meresap

Tips Membuat dan Menyimpan Santan, Penting Untuk Bulan Puasa