Gorengan bisa tetap enak dan lebih sehat | Shutterstock

Tips Menggoreng Makanan agar Lebih Sehat

author
Ruth Sinambela
Jumat, 24 September 2021 | 08:45 WIB

 

Banyak orang suka makanan yang digoreng karena terasa nikmat dan renyah dimulut. Bahan utama gorengan di bagian dalam terasa sempurna dibalut tepung berbumbu gurih. Saking nikmatnya, kadang kita memilih mengesampingkan kenyataan bahwa terlalu banyak makan makanan yang digoreng dapat berdampak buruk untuk kesehatan.

Minyak gorengan merupakan sumber lemak jenuh penyebab kolesterol. Meski begitu, bukan berarti kamu gak boleh makan gorengan sama sekali kok, Cookiners. Cukup jadi bijaksana dengan membatasi jumlahnya dan kamu bisa mencoba menerapkan tips berikut ini saat membuat menu gorengan, agar lebih sehat.

 

1. Gunakan wajan anti lengket

Tujuannya tentu saja supaya kamu tidak perlu menggunakan minyak sama sekali saat menggoreng. Saat menggunakan penggorengan cekung atau wok, tanpa sadar kamu akan menuang lebih banyak minyak. Menggunakan wajan anti lengket berbentuk datar juga dapat membuat gorengan matang dengan merata

 

2. Beralih ke cooking spray

Cooking spray yang tersedia di pasaran bisa jadi alternatif pengganti minyak atau margarin yang kamu perlukan untuk menggoreng. Cooking spray tidak mengandung kolesterol, lemak jenuh, ataupun kalori.

 

3. Pilih minyak zaitun

Harga minyak goreng atau minyak sayur memang relatif lebih murah serta mudah didapat. Tapi, jika ingin lebih sehat, memilih minyak zaitun adalah satu langkah yang tepat. Penelitian menyebutkan, kandungan nutrisi dalam minyak zaitun tidak berubah meski sudah dipanaskan. Tapi, pastikan kamu gunakan api kecil saat menggoreng dengan minyak zaitun ya, Cookiners!

 

4. Pastikan adonan pencelup tepat

Ini langkah kecil yang bisa kamu lakukan jika ingin hidup lebih sehat tapi belum bisa mengikuti tips lainnya – dan masih tetap harus menggunakan minyak dalam jumlah cukup banyak untuk menggoreng. Adonan pencelup gorengan berperan menyerap minyak dalam jumlah cukup banyak. Jangan buat adonan yang terlalu kental karena dapat membuat proses menggoreng jadi terlalu lama sehingga menyerap minyak lebih banyak.

 

5. Tambahkan baking soda dalam adonan pencelup

Baking soda membantu adonan lebih mengembang saat digoreng. Selain itu baking soda juga dipercaya dapat melepaskan gelembung-gelembung penyerap minyak yang ada pada saat makanan digoreng. Teknik ini hampir selalu dipakai saat masak menu fish and chips. Hasilnya jadi mengembang, renyah, dan tidak berminyak.

 

Itulah lima rekomendasi cara alternatif untuk tetap bisa menikmati makanan yang digoreng dengan lebih memerhatikan faktor kesehatan. Selain itu, kamu juga sebaiknya tidak memakai minyak goreng yang sudah dipakai berkali-kali, karena kandungan kolesterol dan lemak jahat di dalamnya sangat tinggi dan berbahaya.

Oh ya, jaga suhu minyak yang kamu pakai saat menggoreng ya, Cookiners. Idealnya di 170-180 derajat Celcius. Mempertahankan suhu minyak di ukuran ini mampu membuat proses menggoreng jadi tidak terlalu lama dan dapat matang merata hingga ke bagian dalam.

Terakhir nih Cookiners, kamu juga bisa mencoba menggoreng pakai air fryer. Sudah banyak yang merekomendasikan kitchen gadget satu ini karena mampu menghasilkan ‘gorengan’ lezat dan sehat.

 

Simak juga:

Krispy, Ayam Goreng ala Drama Korea Bisa Bikin Sendiri di Rumah

Pisang Goreng Cireng, Cara Seru Nikmati Pisang

Mitos di Balik Makanan Sehat