Pilah sampah untuk kelestarian lingkungan | Shutterstock

Lima Akun IG Wajib Follow untuk Mulai Memilah dan Daur Ulang Sampah

author
Ruth Sinambela
Rabu, 6 Oktober 2021 | 10:19 WIB

Seperti yang sudah Cookin janjikan di artikel Buang Sampah pada Tempatnya Saja Gak Cukup. Yuk Lakukan Hal-hal Ini Untuk Ikut Memelihara Lingkungan! - kali ini akan ada lima akun yang bisa Cookiners pilih – tidak hanya untuk jadi tempat atau bank sampah untuk mendistribusikan sampah rumah tangga yang sudah dipilah, tapi juga berperan dengan beragam cara lain yang positif dan mampu memberi dampak baik untuk lingkungan! 

 

@waste4change

Mereka menggunakan hashtag #BijakKelolaSampah dan berfokus pada aktivitas kelola serta daur ulang, dengan harapan di masa depan Indonesia bisa bebas sampah. Waste4Change memiliki dua pilihan layanan, untuk perusahaan dan individu. Cookiners bisa kunjungi website mereka di www.waste4change.com untuk mendapat informasi lengkap seputar pengelolaan sampah.

 

@zerowaste.id_official

Zero Waste Indonesia adalah komunitas yang mengajak masyarakat untuk memulai gaya hidup #zerowaste dan minim sampah. Mereka juga menggagas kampanye @tukarbaju_ yang berfokus jadi solusi sampah fesyen dan limbah tekstil di Indonesia. Selain itu, dengan hastag #HabiskanMakananmu, Zero Waste Indonesia mengajak followersnya untuk tidak menambah sampah dapur dengan menyianyiakan makanan. Cookin setuju banget dengan yang satu ini!

 

@surplusindonesia

Surplus Indonesia juga berfokus pada food waste. Karena, tanpa disadari, kebiasaan tidak menghabiskan makanan berperan besar banget dalam penumpukan limbah dapur, Cookiners. Baik dari restoran maupun rumah tangga. Di aplikasinya, pengguna bisa dapat info restoran yang memiliki kelebihan stok makanan dan berpotensi terbuang jika tidak terjual habis – dengan harga 50 persen! Baik untuk restoran, menguntungkan konsumen, dan berdampak untuk lingkungan!

 

@ewaterj

Organisasi non-profit yang satu ini menyediakan dropbox khusus untuk sampah elektronik alias e-waste. Tahukah Cookiners, kalau sampah elektronik juga jumlahnya sangat besar dan mampu memberi dampak buruk jika tidak dikelola dengan tepat. Selain menerima sampah elektronik di dropbox, akun Instagram Ewasterj juga punya tujuan menciptakan pemahaman kepada masyarakat Indonesia untuk jadi lebih bijaksana memilih alat elektronik yang sustainable.

 

@aliansizerowaste.id

Di bagian profil akun ini tertulis “10 organisasi kampanyekan konsep Zero Waste dengan mempertimbangkan hierarki sampah, siklus hidup material, ekonomi sirkuler”. Untuk memahami lebih dalam, kamu bisa follow akun Instagramnya atau kunjungi website aliansizerowaste.id. Di sana, Cookiners bisa dapat informasi seputar bank sampah, edukasi mengenai daur ulang dan pilah sampah, dan semua hal penting lainnya yang bersangkutan.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk mulai pilah sampah rumah sendiri, setor ke bank sampah, ikut mendukung program-program menarik yang berdampak dalam meminimalisir jumlah sampah, dan perkaya dirimu dengan informasi serta edukasi mengenai kelestarian lingkungan.

 

Baca juga: Bijaklah Dengan Sampah Plastik