KENAPA PERMEN DIBERI WARNA PINK? | Shutterstock

Kenapa Permen Diberi Warna Pink?

author
Semy
Rabu, 2 Februari 2022 | 17:00 WIB

Warna dan makanan adalah dua hal yang saling terkait yang ternyata sangat memberi pengaruh terhadap orang yang melihatnya. Betulkah begitu? Mari simak.

Resep Pokcoy Keputren Cah Udang, Kombinasi Bahan, Tekstur dan Warnanya Menggugah Selera

Penelitian selama beberapa dekade menunjukkan bahwa warna memang menjadi bagian dari rasa makanan dan tidak bisa diabaikan. Ketika orang melihat makanan berwarna merah, di dalam benaknya begitu saja lantas menyimpulkan bahwa makanan tersebut punya rasa manis. Ketika melihat makanan berwarna hijau, cenderung menganggap bahwa makanan itu punya rasa asam.

Cara Membuat Endapan Pandan Untuk Warna Hijau Alami Penuh Aroma

Psikolog Marcia Pelchat, PhD, mengatakan bahwa pengalaman budaya juga menentukan keinginan atau penghinaan kita terhadap warna tertentu. Jika seluruh budaya telah menetapkan warna tertentu sebagai warna yang disukai dan yang diasosiasikan dengan manis, maka itulah yang akan melekat.

Yang dimaksud merah tentu saja tak terbatas pada warna merah solid saja. Nuansa merah seperti merah muda termasuk di dalamnya yang ikut memberi kesan rasa manis. Itu sebabnya permen yang selalu identik dengan rasa manis diberi warna merah atau pink.

Resep Sapo Tahu Cabe Kering Ini Punya Warna dan Aroma Unik