Menyeruput semangkuk sup ayam hangat bisa meredakan gejala flu. | Shutterstock

Benarkah Sup Ayam Bisa Meredakan Flu? Cek Faktanya, yuk!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 1 Juni 2024 | 12:23 WIB

Sejak berabad silam, sup ayam telah dipercaya sebagai “obat” rumahan untuk meredakan gejala-gejala sakit flu. Benarkah sup ayam bisa meredakan flu, atau itu hanya mitos belaka?

Saat terserang flu, tubuh terasa sangat tidak nyaman. Selain istirahat cukup, kita disarankan mengonsumsi makanan bergizi dan cukup minum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

Makanan yang nyaman disantap saat flu salah satunya adalah sup ayam. Faktanya, selain nikmat sup ayam mengandung nutrisi dan zat antiinflamasi untuk meredakan gejala-gejala flu, seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit tenggorokan, sakit kepala, demam, dan nyeri otot.

Namun perlu diperhatikan, sup ayam yang dimaksud adalah sup ayam buatan rumah, bukan sup ayam instan yang rendah nutrisi. Karena, efek meredakan gejala flu hanya bisa didapat dari nutrisi beragam rempah dan bahan makanan segar yang dipakai untuk membuat sup ayam.

Baca juga: Tips Marinasi Ayam agar Bumbu Meresap dan Daging Empuk 

1.Daging Ayam

Kandungan protein daging ayam cukup tinggi, dilengkapi dengan vitamin B6, kalsium, kondroitin serta glukosamin. Semua nutrisi tersebut bisa mempercepat proses pemulihan sel-sel tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, serta mengatasi nyeri akibat demam flu.

Daging ayam juga kaya senyawa karsinosin yang membantu memperkuat kekebalan tubuh, termasuk untuk melawan virus flu. Uniknya lagi, daging ayam memiliki rasa umami yang dapat membantu memperbaiki nafsu makan.

Baca juga: Kena Gejala Flu? Cobain Resep Sop Ayam Antiflu Yang Pas Untuk Musim Pancaroba Ini

2.Kuah Kaldu

Kuah kaldu mudah ditelan ketika tenggorokan radang. Selain itu, kuah kaldu hangat dapat membantu mencairkan lendir yang menyumbat di sepanjang saluran pernapasan.

Kuah kaldu juga kaya natrium, kalium, dan fosfor untuk menghidrasi tubuh yang kehilangan elektrolit selama sakit. Gelatin dan kolagennya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kaldu ayam kaya kandungan vitamin dan mineral. | Shutterstock

3.Bumbu dan Rempah

Selain memberikan aroma dan rasa, merica, bawang putih, bawang merah, kapulaga, biji pala, jahe serta cengkih yang dicampur dengan kuah kaldu dan daging ayam memiliki manfaat kesehatan.

-Bawang merah dan bawang putih telah diteliti memiliki sifat antivirus dan antiinflamasi.

-Merica bersifat antimikroba yang mampu melawan kuman di pencernaan, meredakan sakit kepala serta sesak napas.

-Jahe bersifat antibakteri dan antiinflamasi, serta dapat meredakan keluhan mual dan sakit kepala.

-Biji pala mampu membantu melancarkan peredaran darah, mengatasi mual dan sulit tidur.

Baca juga: Resep Sop Kampung

4.Sayuran

Selain menyedapkan, potongan seledri, daun bawang, dan wortel kaya vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang memperkuat imunitas. Tekstur sayuran yang direbus juga lebih empuk sehingga mudah dicerna.

 

Jadi, sup ayam memang benar terbukti memiliki khasiat untuk meredakan gejala flu, namun bukan untuk menyembuhkan, Cookiners. Jika gejala flu tidak kunjung membaik, segeralah berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Sumber:

https://www.health.com/chicken-soup-health-benefits-8422812#:~:text=Chicken%20soup%20has%20long%20been,try%20when%20you're%20sick.

https://fortune.com/well/2023/10/21/does-chicken-soup-really-help-when-sick-flu-respiratory-infection-gastrointestinal-umami/

https://nypost.com/2023/11/09/lifestyle/ask-a-doc-does-chicken-soup-really-help-cure-a-cold/