Gula halus dapat menggumpal karena lembap dan terpapar udara. | Shutterstock

Cara Menyimpan Gula Halus agar Tidak Mengeras dan Menggumpal

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 3 Juni 2024 | 16:57 WIB

Penulis: Sri Isnaeni 

Gula halus yang lama disimpan biasanya akan mengeras dan menggumpal. Hal ini tentu akan merepotkan ketika Cookiners ingin menakar gula halus untuk membuat kue. Nah, berikut ini tips menyimpan gula halus agar tidak mengeras dan menggumpal. 

Gula halus atau tepung gula adalah gula pasir yang telah digiling/dihaluskan hingga menjadi butiran yang lebih halus menyerupai bubuk gula. Dalam pembuatannya, gula halus sering ditambahkan sedikit tepung maizena atau trikalsium fosfat untuk mencegah penggumpalan. 

Gula halus tidak cocok digunakan sebagai pemanis minuman, melainkan sebagai bahan pembuatan kue karena sifatnya yang mudah meleleh dan mudah bercampur dengan bahan lainnya. Sayangnya, dalam masa penyimpanan, gula halus juga kerap mengeras dan menggumpal.

Nah, agar gula halus yang disimpan tidak mengeras dan menggumpal, tips berikut ini bisa Cookiners coba lakukan.

1.Simpan dalam wadah rapat

Salah satu penyebab gula halus mengeras dan menggumpal adalah karena terpapar udara. Karenanya, pastikan Cookiners menyimpan gula halus di wadah yang rapat. Gulung atau lipat kemasan hingga tidak ada celah atau lubang lalu simpan di wadah tertutup.

Simpan gula halus dalam wadah rapat. | Shutterstock

2.Tambahkan beras

Beras memiliki sifat menyerap kelembapan. Cookiners bisa menambahkan satu sendok makan beras ke dalam wadah gula halus (bukan dicampur). 

Baca juga: Ini Beda Gula Aren, Gula Merah dan Brown Sugar, Sudah Tahu?

3.Gunakan plastik ziplock

Menyimpan gula halus dalam kemasan yang belum dibuka tidak menjamin gula halus tidak akan mengeras dan menggumpal, karena umumnya plastik kemasan tipis dan bisa saja bocor. Sebaiknya segera pindahkan ke dalam plastik ziplock. Jangan lupa untuk mengeluarkan semua udara di dalam plastik sebelum menutupnya. Kemudian simpan plastik ziplock di dalam wadah tertutup.

4.Jangan masukkan ke dalam kulkas

Menyimpan gula halus ke dalam kulkas justru akan membuatnya mengeras dan menggumpal. Hal itu karena gula halus bisa menyerap kelembapan di dalam kulkas. Selain itu, gula halus juga bisa menyerap bau yang berasal dari bahan makanan lainnya yang berada di kulkas sehingga bisa memengaruhi kualitas dan rasa. 

5.Hindarkan dari sinar matahari

Wadah tertutup berisi gula halus sebaiknya diletakkan di suhu ruang dan di tempat yang sejuk dan kering. Jauhkan wadah gula halus dari sinar matahari. Paparan sinar matahari juga menyebabkan gula halus menggumpal. 

6.Jauhkan dari dinding dan lantai

Gula halus yang diletakkan di dekat dinding dan lantai akan menyerap kelembapannya sehingga bisa mengeras dan menggumpal.

Baca juga: Manis Ringan Di Lidah, Agar-Agar Gula Aren Ini Cocok Buat Menu Bukber 

7.Tambahkan roti tawar

Letakkan selembar roti tawar dalam wadah penyimpanan gula halus. Roti tawar akan membantu menjaga kelembapan di sekitar gula. Ganti potongan roti tawar setiap minggu

Ayak gula halus untuk memisahkan bagian yang menggumpal. | Shutterstock

Jika Terlanjur Mengeras dan Menggumpal

Gula halus yang sudah terlanjur mengeras dan menggumpal masih bisa digunakan ya, Cookiners! Jadi, jangan buru-buru dibuang. Dilansir dari Sugars, gula memiliki masa simpan yang cukup lama sehingga meskipun sudah mengeras dan menggumpal, gula halus masih bisa digunakan. 

Jika gula halus sudah terlanjur mengeras dan menggumpal, lakukan cara berikut ini untuk menghaluskannya kembali.

Baca juga:  Cara Menurunkan Kadar Gula dalam Nasi Putih

1.Gunakan chopper

Pisahkan gula halus yang sudah mengeras dan menggumpal dengan yang masih halus menggunakan ayakan. Lalu masukkan gula halus yang sudah mengeras dan menggumpal ke dalam chopper.

2.Panaskan 30 detik di microwave

Letakkan gumpalan gula halus ke dalam wadah tahan panas lalu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik. Kehangatan microwave akan melunakkan gumpalan gula. Jika masih ada yang menggumpal, Cookiners bisa menghancurkannya menggunakan sendok.

 

Sumber:

https://www.sugars.com/techniques-for-long-term-storage-of-sugar

https://cherishedcottage.com/2019/05/10/how-to-unclump-sugar/

https://commonsensehome.com/how-to-store-sugar/