Roti Bisa Membuat Tambah Lapar | SHUTTERSTOCK

8 Makanan Yang Bikin Kamu Justru Tambah Lapar

author
Hasto Prianggoro
Sabtu, 17 November 2018 | 18:59 WIB

 

Makan banyak tapi tidak kunjung kenyang? Atau baru makan tapi sudah lapar lagi? Jangan-jangan ini karena pilihan makanan yang kamu konsumsi tidak tepat. Ini dia 8 makanan yang bikin kamu tambah lapar.

 

1. Roti Putih

Roti putih dibuat dari gandum putih roti. Karena bagian kulitnya sudah dibuang, gandum putih tidak lagi mengandung serat. Akibatnya, karbohidrat sederhana ini akan cepat dicerna dan membuat kamu cepat lapar lagi.

Saran: Gunakan roti berbahan gandum yang masih ada kulitnya (whole bread) sehingga lebih lambat dicerna.

 

2. Jus Buah

Jus Bisa Membuat Tambah Lapar | SHUTTERSTOCK

 

Jus dengan pemanis alami dalam buah akan membuat gula darah/glukosa naik sehingga insulin pun muncul untuk menyingkirkan glukosa berlebih di darah. Nah, saat kadar glukosa rendah, tubuh pun memberi isyarat lapar alias membutuhkan makanan. Inilah yang jadi pemicu kamu jadi cepat lapar lagi.

Saran: Tidak menyaring jus karena bagian keseluruhan buah bisa jadi serat yang membantu melambatkan pencernaan.

 

3. Camilan Asin

Makanan Asin Bisa Membuat Tambah Lapar | SHUTTERSTOCK

 

Camilan berbahan dasar tepung putih dengan balutan rasa asin tidak hanya cepat dicerna sehingga bikin kamu cepat lapar. Sesudahnya, kamu akan terpicu untuk mengonsumsi makanan yang manis karena sensor otak mengirim sinyal seolah-olah makanan asin dan manis punya porsi masing-masing. Konsumsi makanan manis dan asin ini akan jadi rantai yang tak berkesudahan.

 

4. Pasta

Pasta juga dibuat dari gandum putih yang cepat dicerna dan bikin cepat lapar. Belum lagi porsi pasta di resto yang biasanya 2-3 kali dari porsi yang disarankan. Masih ada lagi topping pasta yang bisa jadi mengandung gula tinggi pula sehingga membuat kamu jadi lebih lapar.

Saran: Konsumsi sedikit pasta dengan topping yang mengandung serat dan protein.

 

5. Makanan Cepat Saji

Fast Food Juga Bikin Tambah Lapar | SHUTTERSTOCK

Lemak trans dalam fast food akan mengganggu produksi dopamin dan serotonin, hormon-hormon yang mengatur nafsu makan. Kandungan garam juga lebih cepat membuat tubuh dehidrasi. Rasa haus ini sering salah diinterpretasikan oleh tubuh sebagai rasa lapar sehingga kamu jadi ingin makan lebih banyak lagi.

 

6. Makanan Dengan MSG

Monosodium glutamate terbukti bisa mengurangi kinerja otak dalam memproduksi leptin, yaitu hormon kenyang. Kamu pun jadi lebih cepat lapar. Penelitian di jurnal Obesity menunjukkan orang yang sering mengonsumsi MSG punya peluang 3 kali lebih besar mengalami kelebihan berat badan karena nafsu makan yang terus menerus.

 

7. Sushi

Sushi Bisa Bikin Kamu Tambah Lapar | SHUTTERSTOCK

Kelihatannya, sih, sehat karena ada ikan pada sushi. Padahal, yang lebih banyak masuk ke perut adalah nasinya. Kandungan karbohidrat pada nasi akan membuat kamu ingin makan lagi dan lagi.

Saran: Konsumsi sushi dengan komposisi ikan lebih banyak dari nasi.

 

8. Pemanis Buatan

Apa pun jenis pemanis buatan yang kamu konsumsi (aspartame, sucralose, saccharine), akan membuat otak berpikir seolah-olah akan menerima kalori. Ketika ini tidak terbukti, otak pun akan ‘kecewa’ sehingga untuk membayarnya bisa jadi kamu akan crave makanan manis selama seharian penuh. Dalam jangka panjang, ini akan merusak ritme pengendali rasa lapar di otak.

 

Yuk, kurangi makanan di atas supaya selera makan kamu tetap normal!