Delima Sebagai Simbol Kesuburan dan Kematian | SHUTTERSTOCK

Delima, Super Fruit Yang Jadi Simbol Kesuburan Sekaligus Kematian

author
Isna Triyono
Sabtu, 17 November 2018 | 20:43 WIB

 

Buah ini tidak cuma cantik tapi juga punya kemampuan super. Reputasinya pun sudah jadi semacam legenda sejak jaman Mesir kuno sampai sekarang. Simak cerita tentang delima, super fruit yang jadi simbol kesuburan dan kemakmuran.

 

1. Delima disebut ‘pomegranate’ dalam bahasa Inggris dan Prancis, berasal dari kata bahasa Latin ‘pome’ (apel) dan ‘granatum’ (biji yang banyak).

 

2. Pohon delima ditemukan pertama kali di Persia (Iran) dan Himalaya (India Utara) sekitar tahun 3500 Sebelum Masehi. Mulai masuk ke Mesir di tahun 1450 Sebelum Masehi, sekarang delima sudah menyebar di seluruh dunia.

Pohon Delima | DOK. CRYSTALINKS.COM

 

3. Di zaman Mesir kuno, buah delima dianggap sebagai simbol kemakmuran dan ambisi. Delima juga banyak digunakan untuk pengobatan penyakit cacing pita yang banyak diderita warga Mesir kuno.

 

4. Delima juga jadi simbol kehidupan setelah mati bagi masyarakat Mesir kuno. Selain gambarnya banyak dilukis di makam tua, vas berbentuk delima juga ditemukan dalam makam King Tut, firaun paling terkenal di Mesir.

Delima Di Lukisan Dinding Dari Zaman Mesir Kuno | DOK. CRYSTALINKS.COM

 

5. Delima juga jadi salah satu makanan persembahan untuk roh orang yang sudah meninggal di Mesir. Buah delima yang sudah membatu banyak ditemukan di makam kuno di Mesir.

 

6. Pohon delima bisa bertahan hidup hingga 200 tahun dengan tinggi mencapai 5-10 meter.

Pohon Delima | SHUTTERSTOCK
 

 

7. Kandungan antioksidan dalam delima (punicalagins) 3 kali lebih tinggi dari secangkir teh hijau. Ini membuatnya juga bersifat antiradang tinggi yang bisa mengobati penyakit-penyakit yang disebabkan oleh radang kronis seperti jantung, arthritis, kanker, Alzheimer dan diabetes tipe 2.

 

8. Buah yang dijuluki superfruit ini kaya akan vitamin C, vitamin K dan fiber (serat). Selain itu masih ada kandungan folat dan potassium yang juga tak kalah pentingnya untuk tubuh.

Delima Punya Banyak Manfaat Untuk Tubuh | SHUTTERSTOCK
 

 

9. Meski bukan tanaman asli, delima juga bisa ditemui di Korea atau Jepang. Namun bentuknya sudah dalam bentuk bonsai yang dipelihara karena bunganya yang cantik.

 

Jangan sampai lewatkan segala manfaat delima untuk tubuh kamu!