Sejarah Mi | SHUTTERSTOCK

Orang Cina Sudah 4000 Tahun Makan Mi

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 18 November 2018 | 17:17 WIB

 

Mi tidak bisa dipisahkan dari budaya makan orang Asia. Makanan dari tepung terigu ini berasal dari daratan Cina. Orang Cina sudah 4000 tahun makan mi, lho. Begini awal mula sejarah mi yang mungkin belum kamu tahu.

 

Tercatat Dalam Prasasti Kuno

Prasasti atau catatan tertua tentang mi ditemukan di daerah Han Timur antara tahun 25-220 M. Di zaman Dinasti Han, makanan ini sudah menjadi makanan utama penduduk Cina.

 

Berusia 4000 Tahun

Sebuah artikel di jurnal Nature menyebut bahwa mi sudah dikonsumsi sejak 4000 tahun lalu di Cina. Tahun 2005, tim arkeolog menemukan mangkok gerabah dengan sisa-sisa masakan mi dari masa 4000 tahun lalu di situs arkeologi Lajia di barat laut China.  

Proses Membuat Mi | SHUTTERSTOCK

 

Mi Di Jepang dan Persia

Dari daratan Cina, popularitas makanan ini menyebar ke Asia dan dunia. Di Jepang, mi disebut udon, diadaptasi dari resep Cina yang dibuat oleh pendeta Budha pada awal abad ke-9. Mi ramen populer di Jepang tahun 1900. Masyarakat Persia mulai menikmati mi, yang disebut dengan reshteh, sejak abad ke-13.

 

Pionir Mi Instan

Inovasi mi pun berlanjut. Di Korea, mi dikembangkan pada masa Dinasti Joseon tahun 1392-1897. Bagaimana dengan mi instan? Mi instan ditemukan oleh Momofuku Ando dan pertama kali dijual di Jepang tahun 1958.

Mi Instan | SHUTTERSTOCK

 

Jadi, sudah makan mi hari ini?