Selai Kacang | SHUTTERSTOCK

Selai Kacang, Si Kesayangan Astronot dan Tentara Perang

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 18 November 2018 | 18:23 WIB

 

Tapi tahukah kamu kalau selai kacang jadi favorit tentara saat Perang Dunia 2? Banyak fakta unik yang perlu kamu tahu soal selai kacang, si kesayangan astronot dan tentara perang ini.

 

1. Minimal Harus Mengandung 90% Kacang

Standar dari Food and Drug Administration di Amerika Serikat mensyaratkan produk bisa disebut selai kacang jika kandungan kacangnya 90%. Butuh satu dekade untuk mengesahkan aturan yang diusulkan pada tahun 1961 ini.

Sebelumnya, produsen selai kacang menambahkan banyak gliserin demi menjaga kuallitas minyak.

 

2. Bekal Pasukan di Perang Dunia

Selai kacang sudah diproduksi sebelum Perang Dunia 2. Namun jadi lebih sering digunakan tentara angkatan darat AS (dalam bentuk roti selai kacang) sebagai menu kaya protein bagi pasukan di medan perang. Usai Perang Dunia 2, barulah selai kacang menjadi sangat populer.

Roti Selai Kacang | SHUTTERSTOCK

 

3. Mengandung Lemak Baik

American Heart Association menyatakan bahwa selai kacang mengandung banyak lemak baik. American Diabetes Association juga merekomendasikan selai kacang sebagai camilan rendah karbo. Sebagian besar selai kacang juga vegan dan gluten-free.

 

4. Separuh Konsumsi Kacang di AS Adalah Selai Kacang

Cara termudah menikmati kacang adalah dengan makan selai kacang. Data dari National Peanut Board menunjukkan, rata-rata warga AS mengonsumsi sekitar 2700 gram kacang setiap tahun, separuh di antaranya berupa selai kacang.

 

5. Astronot Pilih Selai Kacang

Selai kacang ternyata juga jadi menu favorit para astronot. Tortila lebih aman dibanding roti yang bisa berhamburan di ruang hampa udara dan berisiko merusak instrumen pesawat. Para astronot menikmati selai kacang dengan tortila. Biasanya, mereka juga menambahkan madu.

Tortilla Selai Kacang | DOK. THISGRANDMAISFUN
 

 

6. Bagus Untuk Payudara

Studi di Harvard Medical School menunjukkan bahwa makan selai kacang dapat meningkatkan kesehatan payudara, lho.

 

7. Selai Kacang Renyah Vs Creamy

Menurut National Peanut Board, laki-laki lebih suka selai kacang yang renyah, sementara kaum perempuan lebih suka selai kacang yang lembut alias creamy.

 

8. Presiden AS Petani Kacang

Tahukah kamu, 2 mantan presiden AS adalah petani kacang? Mereka adalah Thomas Jefferson dan Jimmy Carter.

 

Berpikir untuk membeli selai kacang untuk stok di rumah?