Makanan Praktis Pencegah Lapar | SHUTTERSTOCK

7 Bahan Makanan Praktis Untuk Cegah lapar

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 18 November 2018 | 19:54 WIB

 

Saat lapar melanda, pasti ingin makan sajian yang cepat dibuat tanpa repot namun tetap sehat. Ini dia 7 bahan makanan praktis yang wajib tersedia di dapur. Jangan lupa masukkan di daftar belanja minggu ini!

 

1. Telur

Telur tidak hanya mengandung banyak nilai gizi, seperti protein, asam amino dan vitamin, tapi juga sangat mudah diolah dalam waktu cepat.

Dimakan sendiri jadi, diolah bersama bahan lain pun bisa. Itulah kenapa telur ada di urutan teratas bahan yang sebaiknya selalu tersedia.

Cara menyimpan: Simpan telur dalam lemari es, namun biarkan dalam suhu ruang sesaat sebelum diolah.

 

2. Kentang

Butuh bahan makanan yang mengenyangkan tanpa repot memasaknya? Kentang yang mengandung potassium tinggi ini bisa jadi pilihan utama.

Kentang bisa direbus atau dikukus dan dijadikan pengganti nasi. Bisa juga dijadikan campuran snack atau bahan tambahan sayur.

Cara menyimpan: Letakkan kentang dalam suhu ruang yang jauh dari kelembapan dan panas.

 

3. Susu

Susu, Makanan Praktis Pencegah Lapar | SHUTTERSTOCK

Susu tidak cuma mencukupi kebutuhan kalsium, protein dan lemak tapi juga terasa lezat. Selain diminum (dingin atau hangat), susu bisa membuat makanan lain yang diolah bersama jadi makin enak.

Cara menyimpan: Taruh dalam kulkas dengan kondisi tertutup rapat. Setelah kemasan dibuka, konsumsi susu segar dalam waktu 3-5 hari.

 

4. Lettuce

Daun Selada, Makanan Praktis Pencegah Lapar | SHUTTERSTOCK

 

Lettuce bisa jadi bahan utama membuat salad sayur yang sehat dan praktis dibuat. Tinggal tambahkan dressing minimal, maka dalam waktu singkat sudah jadi sajian yang lezat.

Kalau mau salad yang lebih bernutrisi, bisa juga menambahkan protein seperti telur atau daging ayam.

Cara menyimpan: Bungkus lettuce dalam tisu dapur lalu bungkus dalam plastik, baru simpan dalam lemari es.

 

5. Aneka Buah

Aneka Buah, Makanan Praktis Pencegah Lapar | SHUTTERSTOCK

 

Buah adalah bahan makanan yang juga wajib kamu stok di kulkas. Sifatnya yang langsung dimakan tak hanya praktis tapi juga sehat.

Tak cuma bisa dijadikan camilan yang penuh kandungan vitamin, buah juga bisa jadi bahan tambahan dessert yang menyegarkan.

Cara menyimpan: Beda jenis buah, beda pula cara menyimpannya. Klik di sini untuk artikel lebih detail seputar tips menyimpan aneka buah.

 

6. Keju

Keju, Makanan Praktis Pencegah Lapar | SHUTTERSTOCK

 

Mirip dengan susu, keju juga terkenal dengan kemampuannya membuat makanan jadi lebih lezat. Bedanya, keju tampil dalam berbagai jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Siapkan minimal keju cheddar dan keju mozzarella di rumah supaya kamu bisa bikin makanan enak dalam waktu kilat.

Cara menyimpan: Setelah kemasan dibuka, keju rentan terkena jamur. Pastikan tangan tidak menyentuh keju saat memotongnya. Bungkus keju rapat dengan plastic wrap yang baru setiap selesai dipotong.

 

7. Jamur

Jamur termasuk bahan yang sangat fleksibel diolah jadi berbagai hidangan. Selain itu, jamur juga bisa seketika ‘menyulap’ sajian jadi terlihat lebih mewah.

Berbagai jenis jamur tersedia di pasaran dan bisa kamu pilih sesuai selera dan kebutuhan.

Cara menyimpan: Karena sifatnya yang lembap, jamur segar mudah busuk. Jadi sebaiknya tidak distok terlalu lama. Beli saja sesuai kebutuhan dan gunakan maksimal dalam 3 hari.

 

Jadi, jangan lupakan 7 bahan wajib ini kalau sedang belanja, ya!