Manfaat Lemon Untuk Tubuh | SHUTERSTOCK

Redakan Sembelit dan 8 Manfaat Ajaib Lemon Lain

author
Hasto Prianggoro
Senin, 19 November 2018 | 06:57 WIB

 

Segelas air yang diberi air perasan jeruk lemon segar layak kamu konsumsi setiap pagi. Tidak cuma bikin ‘melek’ seketika karena rasa asamnya, lemon punya banyak manfaat kesehatan yang tidak bisa diabaikan. Ini dia 9 alasan kamu harus minum air lemon.

 

1. Meredakan Gangguan Pencernaan

Minum air lemon segar di pagi hari sangat baik untuk meredakan atau mencegah gangguan pencernaan seperti kembung atau rasa nyeri di dada akibat naiknya zat asam di perut. Air lemon juga akan merangsang pencernaan berjalan lebih baik.

 

2. Meringankan Kerja Ginjal

Air lemon ibarat antiseptik yang akan membersihkan liver, ginjal dan darah. Dengan berkurangnya beban kerja liver dalam membersihkan racun, kamu pun akan merasa jauh lebih bugar.

 

3. Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Kebutuhan vitamin C akan tercukupi jika kamu rajin minum air lemon setiap pagi. Lemon juga kaya kandungan folat dan mineral seperti potasium, kalsium, dan magnesium.

 

4. Membuat Tubuh Jadi Alkaline

Meskipun asam (acid), lemon termasuk jenis makanan yang bisa membuat kondisi tubuh menjadi alkaline. Kondisi alkaline ini akan membuat tubuh lebih kuat saat terjadi peradangan.

 

5. Mencegah Sembelit/Diare

Sering mengalami sembelit alias susah buang air besar di pagi hari? Nah, minum segelas air lemon bisa meredakan gejala sembelit ini. Begitu pula saat kamu mengalami diare, air lemon bisa meredakannya dalam waktu cepat.

Manfaat Lemon Bagi Tubuh | SHUTTERSTOCK

 

6. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C-nya yang tinggi bisa memperbaiki kondisi kulit. Tapi yang tidak kalah penting adalah kemampuan lemon secara keseluruhan dalam membersihkan dan mendetoksifikasi racun di dalam tubuh, sekaligus sebagai antibiotik dan antioksidan yang pada akhirnya berujung pada kondisi kulit yang sehat.

 

7. Meredakan Radang Tenggorokan

Karena kemampuannya melenyapkan radang, air lemon juga membantu meredakan radang tenggorokan. Seduh air lemon dengan air hangat beberapa jam sekali untuk mendapat manfaatnya. Kalau air lemon diminum secara teratur tiap pagi, bisa jadi kamu akan semakin jarang mengalami radang tenggorokan.

 

8. Menghilangkan Bau Mulut

Nah, ini yang juga penting. Air lemon membantu mengurangi bau mulut yang biasa muncul saat bangun pagi. Senyawa antioksidan dan antibiotik dalam lemon yang juga akan menyingkirkan bau tubuh yang mengganggu.

 

9. Membantu Membakar Lemak

Kandungan citric acid (asam sitrat) dalam lemon akan membantu proses metabolisme tubuh terutama dalam membakar lemak. Banyak yang mengklaim kalau fakta ini bisa menurunkan berat badan, tapi tentunya juga harus diiringi oleh konsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

Yuk, mulai minum air lemon sekarang!