Pisang | SHUTTERSTOCK

Ini Sebab Kulit Pisang Licin Dan Sering Bikin Orang Terpeleset

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 2 Desember 2018 | 10:05 WIB

 

Banyak cerita unik mengenai pisang. Salah satunya yang banyak membuat orang bertanya soal kulitnya yang licin. Ini sebab kulit pisang licin dan sering bikin orang terpeleset serta fakta-fakta unik pisang lainnya.

 

1. Nama latin pisang adalah musa sapientum yang berarti ‘buahnya para orang bijak.’

 

2. Penyanyi Alicia Keys, Adele, dan Katy Perry selalu meminta buah pisang sebagai camilan setiap kali tampil dalam konser.

 

3. Pisang mengandung 75% air, sedikit di bawah mentimun yang mengandung air 96%. Secara ilmiah, pisang ternyata termasuk keluarga beri.

Pisang | SHUTTERSTOCK
 

 

5. Sebutan ‘banana’ muncul setelah buah ini dijual dalam bungkus aluminium seharga 10 sen pada Philadelphia World Fair tahun 1876.

 

6. Tahun 2014, Hadiah Nobel Bidang Fisika dimenangkan oleh sebuah tim yang menemukan penyebab kulit pisang bisa sangat licin. Ternyata, kulit pisang licin karena kandungan molekul polisakarida yang juga ditemukan pada sendi manusia. Inilah yang menyebabkan kulit pisang licin dan sering membuat orang terpeleset.

Kulit Pisang | SHUTTERSTOCK

 

7. Pisang bisa menghilangkan kutil. Oleskan bagian dalam kulit pisang ke area yang terkena kutil selama 2 minggu, maka kutil akan hilang.

 

8. Sebuah studi menemukan bahwa pisang dapat menurunkan resiko terkena stroke dan serangan jantung karena tingginya kandungan potasium di dalamnya.

 

9. Kandungan minyak pada kulit pisang bisa membantu mengatasi peradangan dan gatal akibat gigitan serangga.

 

10. Pada tahun 2012, seorang warga Illinois memecahkan rekor dunia setelah berhasil mengupas dan menyantap 8 pisang dalam waktu 60 detik.

 

Pisang ternyata punya banyak cerita unik, kan!