Bawang Bombai | SHUTTERSTOCK

Ini Sebab Mata Berair Saat Memotong Bawang Bombai

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 28 November 2018 | 18:04 WIB

 

Bawang bombai bikin masakan lebih sedap, itu sudah pasti. Tapi di balik itu, ada beberapa fakta bawang bombai yang mungkin belum kamu tahu. Ini sebab mata berair saat memotong bawang bombai dan 4 fakta bawang bombai lainnya.

 

1. Bawang bombai mengandung flavonoid, senyawa unik yang memiliki manfaat bagi kesehatan, di antaranya sebagai antioksidan, antikanker dan antiperadangan.

 

2. Meskipun memberi citarasa pada masakan, bawang bombai sebetulnya miskin nutrisi. Satu potong bawang bombai (100 gram) hanya mengandung 146 mg potasium, bandingkan dengan pisang (100 garm) yang mengandung 358 mg potasium.

 

3. Bawang bombai mengandung sulfur. Itu sebab mata menjadi berair ketika kita memotong bawang bombai. Karena sulfur juga, napas jadi berbau khas akibat mengonsumsi bawang bombai.

Fakta Bawang Bombai | SHUTTERSTOCK

 

4. Bawang bombai memiliki senyawa antibakteri yang mampu membantu menyembuhkan penyakit atau luka. Di beberapa kebudayaan, bawang bombai diletakkan di samping tempat tidur untuk mengusir penyakit karena dianggap mampu mengusir kuman.

 

5. Laporan-laporan di media sosial menyebutkan bahwa bawang bombai menjadi beracun setelah dipotong. Bisa jadi, pendapat ini muncul dari anggapan bahwa sulfur akan terlepas setelah bawang bombai dipotong. Namun, tampaknya tidak ditemukan dampak kesehatan yang berarti.

 

Tidak perlu bertanya-tanya lagi, kan, kenapa jadi menangis saat memotong bawang bombay?