Susu | SHUTTERSTOCK

Jangan Pernah Simpan 7 Jenis Makanan Ini di Freezer

author
Isna Triyono
Minggu, 2 Desember 2018 | 12:29 WIB

 

 

Proses pembekuan dalam freezer bisa merusak beberapa makanan karena saat kristal es terbentuk, sel membran juga ikutan hancur. Jadi, jangan pernah simpan 7 jenis makanan ini di freezer.

 

 1. Susu

Memasukkan susu ke dalam freezer akan merusak tekstur susu yang awalnya lembut menjadi tidak lagi. Jika memang ingin membekukan susu, cara melelehkannya pun harus secara perlahan. Yaitu ditaruh di dalam kulkas selama beberapa jam kemudian baru bisa diminum.

 

 2. Buah

Hampir setiap buah memiliki kadar air yang tinggi. Jika dimasukkan ke dalam freezer maka air dalam buah akan membeku.

Masalahnya, ketika dikeluarkan dari freezer, setelah dingin, daging buah akan ikut mencair dan menjadi lembek. Jika hal itu terjadi maka buah sudah tidak bisa dikonsumi lagi.

 

 3. Sayuran

Sayuran yang beku setelah dikeluarkan dari freezer akan menjadi layu dan lembek. Selain itu, sayuran yang keluar dari freezer akan mengalami perubahan rasa dan tidak segar lagi.

 

4. Daging Beku Yang Sudah Dicairkan

Kalau kamu sudah mencairkan daging beku dari freezer tapi tidak terpakai semua, jangan bekukan lagi di dalam freezer. Daging yang sudah dibekukan lalu dicairkan cenderung lebih mudah terkontaminasi bakteri. Solusinya, masak daging untuk mematikan bakterinya lalu baru dimasukkan ke dalam freezer.

Daging Beku Yang Sudah Dicairkan Lebih Mudah Menarik Bakteri. | SHUTTERSTOCK

 

 5. Yoghurt

Hampir sama dengan susu, yoghurt yang dibekukan juga akan berubah tektur dan rasanya. Jika kamu memakan yoghurt beku maka rasanya menjadi tidak enak.

 

 6. Keju Lunak


Keju lunak seperti cream cheese, brie, ricotta dan camembert sangat tidak dianjurkan disimpan di freezer karena teksturnya bisa jadi makin rapuh dan lembek sesudah dikeluarkan dari freezer. Sebaliknya, keju tua atau keju keras seperti parmesan dan edam bisa disimpan dalam freezer.

 

 7. Kentang

Seperti halnya buah, kentang juga memiliki kandungan air yang tinggi. Ketika membeku, kandungan airnya akan berubah menjaid kristal es. Dan setelah suhunya normal kembali, kentang akan menjadi lembek dan layu.

 

Yuk, ingat daftarnya supaya makanan kamu enggak rusak saat disimpan di freezer.

 

Artikel diedit pada 28 Desember 2018.

 

Baca juga:

Bye Bye Daging Keras dan Alot, Ini 5 Cara Membuatnya Empuk

Wadah Plastik Berbau Makanan? Atasi Dengan 5 Cara Ini