Mentimun | SHUTTERSTOCK

Mentimun Bisa Atasi Bau Mulut, Ini Alasannya

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 29 November 2018 | 11:10 WIB

 

Segar adalah kata yang identik mendeskripsikan mentimun. Bukan hanya mengandung 95% air, mentimun juga punya banyak kandungan ajaib untuk tubuh kita seperti dalam paparan berikut. Salah satunya, mentimun bisa atasi bau mulut, ini alasannya.

 

 

1. Manusia sudah mulai mengonsumsi mentimun sejak ribuan tahun lalu. Bukti yang ditemukan menunjukkan mentimun sudah mulai ditanam sejak abad ketiga sebelum Masehi di wilayah India kuno.

 

2. Mentimun mengandung banyak nutrisi, di antaranya Vitamin B1, B2, B3, B5 dan B6, asam folat, Vitamin C, besi, kalsium, seng, magnesium, fosfor, dan potasium, selain kandungan airnya yang 95%.

 

3. Mentimun dapat mencegah bau mulut. Ambil satu potong mentimun lalu tekan ke bagian langit-langit mulut dengan menggunakan lidah. Hasilnya, kandungan fitokimia akan membunuh bakteri-bakteri jahat di dalam rongga mulut.

Mentimun | SHUTTERSTOCK

 

4. Mentimun juga bisa membantu mengurangi kantung mata. Asam yang dikandung mentimun bisa menurunkan kadar cairan di mata sehingga kantung mata mengecil.

 

5. Konsumsi mentimun akan membantu mengurangi resiko terkena kanker payudara, ovarium, kolon dan prostat karena kandungan senyawa di dalamnya, seperti lignan, lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol.

Mentimun | SHUTTERSTOCK

 

6. Mentimun yang sudah dikupas juga bisa melindungi kulit yang terkena sengatan sinar matahari. Cukup letakkan beberapa potong mentimun pada area yang terpapar sinar matahari.

 

7. Beda suhu di dalam mentimun dengan suhu di luar bisa mencapai 20 derajat. Itulah sebabnya mentimuun terasa segar saat disantap.

 

Yuk, selalu siapkan mentimun dalam kulkas!