Jenis Kopi Di Indonesia | SHUTTERSTOCK

Pencinta Kopi, Wajib Tahu 7 Jenis Kopi Di Indonesia Ini

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 2 Desember 2018 | 10:11 WIB

 

Sejak pertama kali dibawa ke Indonesia pada abad ke-17 oleh VOC, kopi sudah menjadi bagian tak terpisahkan masyarakat Indonesia. Hampir setiap wilayah memiliki kopi dengan keistimewaan masing-masing. Cari tahu, yuk, jenis-jenis kopi di Indonesia.

 

1. Kopi Gayo

Berasal dari Tanah Gayo, Aceh Tengah, sebagian besar yang ditanam merupakan kopi Arabika dengan aroma tajam dan tingkat keasaman rendah. Kopi Gayo merupakan salah satu jenis kopi yang populer di Indonesia maupun dunia.

 

2. Kopi Toraja

Ditanam di dataran tinggi Toraja, kopi Toraja juga merupakan salah satu jenis kopi Arabika terbaik yang disukai masyarakat. Rasanya yang khas dan memiliki kandungan asam yang rendah menjadi daya tarik bagi para pencinta kopi Nusantara.

 

3. Kopi Kintamani

Berasal dari daerah Kintamani, Bali, kopi ini memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Tak heran karena kopi ini ditanam secara tumpang sari dengan jenis tanaman lain termasuk buah-buahan. Kopi Kintamani juga menjadi pilihan pencita kopi yang tidak terlalu suka kopi yang berat.

Kopi Indonesia | SHUTTERSTOCK

 

 

4. Kopi Lanang

Diperoleh dari biji kopi pasca panen yang mengalami kelainan. Salah satunya pada bentuk biji yang bulat lonjong tanpa terbelah. Aromanya jauh lebih kuat dibandingkan jenis kopi lainnya.

 

5. Kopi Luwak

Kopi ini merupakan kopi hasil fermentasi dengan enzim di dalam pencernaan luwak. Sejarah kopi luwak di Indonesia terekam sejak zaman Belanda. Para buruh mengumpulkan feses luwak yang mengandung biji kopi. Kopi luwak merupakan kopi termahal, harganya bisa mencapai jutaan rupiah per kilogram.

 

6. Kopi Sidikalang

Sidikalang merupakan ibu kota kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Cuaca dingin dan jenis tanah tempat kopi jenis Robusta ini ditanam membuat kopi Sidikalang memiliki rasa yang sangat khas, yakni sedikit manis dengan rasa mirip cokelat.

 

7. Kopi Bondowoso

Bondowoso, Jawa Timur dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia sejak zaman Belanda, bahkan mendapat julukan sebagai Republik Kopi.

 

Jenis kopi yang ditanam adalah jenis Arabika dan Robusta dengan aroma dan rasa yang khas. Sejarah kopi di Bondowoso sudah dikenal sejak abad ke-19 lewat perkebunan Besuki Raya dengan produknya yang populer, Java Coffee.

 

Yang mana yang jadi kopi favorit kamu?