Agar Perut Tidak Sebah Setelah Makan Buah | SHUTTERSTOCK

Perut Sebah Setelah Makan Buah? Pasti Tidak Ikuti Aturan Ini

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 28 November 2018 | 17:26 WIB

 

Setelah mengonsumsi buah segar, perut kadang terasa sebah dan tidak nyaman. Ternyata masalah ini lebih sering terjadi bukan karena buah bersifat asam dan memancing asam lambung, melainkan aturan makan buah yang tidak dipatuhi seperti paparan berikut ini.

 

1. Hindari mengonsumsi buah dan sayuran bersamaan

Serat buah cenderung lunak sehingga tidak cocok dipadukan dengan serat sayuran yang lebih keras, terutama untuk mereka yang sistem pencernaannya sensitif.

 

2. Santap Dalam Keadaan Perut Kosong

Sebaiknya makan buah saat perut kosong atau 15-20 menit sebelum makan. Sebab faktanya gula buah (fruktosa) justru memiliki sifat merusak protein dan lemak yang terkandung dalam makanan.

 

3. Tinggalkan Budaya Makan Buah Sebagai Pencuci Mulut

Setelah makan sebaiknya tidak menyantap buah sebagai pencuci mulut, termasuk jus atau smoothies, setidaknya hingga 4-5 jam kemudian.

 

4. Konsumsi Secara Segar

Buah sebaiknya dikonsumsi secara segar sehingga tubuh menerima enzim, vitamin, mineral dan substansi penting lain secara utuh sebelum dimasak.  Lebih baik lagi jika buah organik yang tidak terkontaminasi zat kimia.

 

5. Cuci hingga bersih

Buah organik atau tidak wajib dicuci bersih sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan bakteri dan zat anorganik yang tidak baik bagi tubuh.

 

Caranya, cuci buah di bawah air mengalir selama 2-3 menit atau rendam buah dalam wadah berisi air yang diberi cuka apel atau sabun pencuci buah.

 

6. Kunyah Hingga Halus

Sifat dasar buah adalah pati sehingga membutuhkan enzim pemecahnya yang terdapat pada air liur agar tercerna dengan baik. Jika kamu asal-asalan mengunyah dan langsung menelannya, tentu buah belum tercerna dengan baik.

- Gunakan lidah untuk membolak-balik daging buah agar air liur tercampur sempurna.

- Apabila dibuat jus, selipkan di bawah lidah agar tersentuh kelenjar liur.

- Telan secara perlahan.

 

Cara tepat konsumsi buah di atas pasti tidak akan bikin sebah di perut.

 

Baca juga:

Redakan Sembelit dan 8 Manfaat Ajaib Lemon Lain

5 Cara Gampang Melipat Pangsit